PERAN ADVOKAT TERHADAP KLIENNYA DALAM MEUNUNTUT KERUGIAN AKIBAT MUSNAHNYA HARTA MEREKA DISEBABKAN TERBAKARNYA PENIMBUNAN BBM ILEGAL DI WILAYAH OGAN ILIR SUMATERA SELATAN

MURSAL, NIM. 502018009 (2022) PERAN ADVOKAT TERHADAP KLIENNYA DALAM MEUNUNTUT KERUGIAN AKIBAT MUSNAHNYA HARTA MEREKA DISEBABKAN TERBAKARNYA PENIMBUNAN BBM ILEGAL DI WILAYAH OGAN ILIR SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018009_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] Text
502018009_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
502018009_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
502018009_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
502018009_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img] Text
502018009_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Advokat merupakan profesi yang terhormat karena adanya profesionalisme di dalamnya. Di samping itu, profesi advokat bukan semata-mata mencari nafkah, namun didalamnya terdapat idealisme dan moralitas yang sangat dijunjung tinggi. Hal itu guna untuk mencapai kebenaran dan keadilan di depan hukum. Hak konstitusional segala warga negara sesuai dengan prinsip persamaan kedudukan di dalam hukum. Kepastian penyelenggaraan bantuan hukum dilaksanakan secara merata di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia. Peradilan yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan. Tujuan penelitian ini metode pendekatan kualitatif selanjutunya disajikan secara deskriptif. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran yang jelas dan terarah yang berkaitan dengan perlindungan hukum terhadap korban kebakaran menimpah rumah mereka, disebabkan ada kelalaian dari oknum polisi mengakibatkan gudang penimbunan bbm ilegal terbakar menyambar ke rumah warga sekitar, di ogan ilir sumatera selatan. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian hukum Empiris dengan fokus masalah pada mekanisme memperoleh hak ganti kerugian dalam hal menjadi korban kebarakan dikarenakan oknum polisi tersebut adalah pemilik gudang menimbun bbm ilegal di wilayah ogan ilir, sumatera selatan tidak ada sedikitpun rasa peduli kasih terhadap korban. Berdasarkan hasil penelitian, terdakwa tidak mengakui kepemilikan gudang penimbunan BBM ilegal, dan tidak mau mengganti kerugian kepada warga yang terkena musibah kebakaran yang diakibatkan kelalaian terdakwa. Dalam putusan pengadilan negeri kayu agung nomor: 123/Pid.B/2021/PN Kag Hal yang dilihar oleh Majelis Hakim dari dakwaan Jaksa Penuntut Umum menyatakan Erhan Bin Ajip tersebut , terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana. Karena kesalahan (kealpaan) menyebabkan kebakaran, ledakan, atau banjir, yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut sera melakukan perbuatan. Terdakwa telah memenuhi unsur-unsur tubdaj pidana yang didakwakan kepada terdakwa sehingga menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan 8 (delapan) bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Nur Husni Emilson, SH., Sp.N., MH 2. Ridwan Hayatuddin, SH., MH
Uncontrolled Keywords: peran advokat, kebakaran, penimbunan bbm ilegal
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:14
Last Modified: 23 Mar 2022 07:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19653

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.