DISPARITAS DALAM PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SEKAYU KELAS II ATAS PERKARA TINDAK PIDANA KEPEMILIKAN SENJATA API RAKITAN

A. HAIRUN YULASNI, NIM. 91219070 (2021) DISPARITAS DALAM PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SEKAYU KELAS II ATAS PERKARA TINDAK PIDANA KEPEMILIKAN SENJATA API RAKITAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
91219070_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (927kB) | Preview
[img] Text
91219070_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
91219070_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
91219070_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
91219070_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
91219070_Cover_sampai_akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hukuman terhadap kepemilikan senjata api ilegal cukup berat. Dalam Undang- Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 disebutkan ancaman hukuman maksimalnya adalah pidana mati, pidana seumur hidup dan 20 tahun penjara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah dasar pertimbangan hakim adanya disparitas dalam putusan atas perkara tindak pidana kepemilikan senjata api rakitan di Pengadilan Negeri Sekayu Kelas II ?. 2) Faktor apa yang menyebabkan terjadinya disparitas dalam putusan atas perkara tindak pidana kepemilikan senjata api rakitan di Pengadilan Negeri Sekayu Kelas II ?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis empiris. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Dasar Pertimbangan Hakim adanya disparitas dalam putusan atas perkara tindak pidana kepemilikan senjata api rakitan di Pengadilan Negeri Sekayu Kelas II meliputi pertama, pertimbangan yuiridis diantaranya dakwaan jaksa penuntut umum, keterangan saksi, keterangan terdakwa. dan pasal-pasal dalam undang-undang yang terkait dan kedua, pertimbangan sosiologis meliputi hal-hal yang meringankan dan memberatkan. Dan ketiga, pertimbangan filosofis dimana putusan yang mencerminkan rasa keadilan, hukuman yang diberikan kepada terdakwa dipandang terlalu rendah dinilai dari dampak dari perbuatan terdakwa, perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat; kondisi diri dari terdakwa. 2) Faktor yang menyebabkan terjadinya disparitas dalam putusan atas perkara tindak pidana kepemilikan senjata api rakitan di Pengadilan Negeri Sekayu Kelas II sejalan dengan teori dasar pertimbangan hakim yang meliputi 1) faktor pada undangundang itu sendiri, perundang-undangan itu sendiri dimana faktor hukum dimana dalam hukum Indonesia belum mengatur pedoman bagi hakim untuk mempertimbangkan seluruh aspek, yang ditentukan oleh undang-undang hanyalah maksimum dan minimumnya, 2) faktor penegak hukum yakni hakim dimana independensi hakim di dalam menjatuhkan suatu putusan dan tuntutan Jaksa Penuntut Umum. Semakin rendah tuntutan, maka semakin rendah pula putusan yang diberikan oleh Hakim, 3) faktor masyarakat dalam hal ini terdakwa, apabila terdakwa adalah orang yang pernah dihukum terlebih dengan perkara yang sama (pengulangan). dan 4) faktor kebudayaan,, masyarakan masih memperhitungkan besarnya kerugian yang ditimbulkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : 1. DR Muhammad Yahya Selma, SH, MH 2. DR. H. KN. Sofyan Hasan, SH, MH
Uncontrolled Keywords: disparitas, Putusan Pengadilan Negeri, Perkara tindak pidana, kepemilikan sejata api rakitan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 21 Mar 2022 06:07
Last Modified: 21 Mar 2022 06:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19637

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.