PERANAN SEORANG ISTRI DALAM MENCARI NAFKAH DARI SUDUT PANDANG HUKUM ISLAM(STUDI DI KANTOR URUSAN AGAMA BANYUASIN SATU)

KRISNA WIBOWO, NIM. 502018122 (2022) PERANAN SEORANG ISTRI DALAM MENCARI NAFKAH DARI SUDUT PANDANG HUKUM ISLAM(STUDI DI KANTOR URUSAN AGAMA BANYUASIN SATU). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018122_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
502018122_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
502018122_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
502018122_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
502018122_DAFTAR PUSTAKA..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
502018122_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
502018122_COVER_SAMPAI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN SEORANG ISTRI DALAM MENCARI NAFKAH DARI SUDUT PANDANG HUKUM ISLAM (STUDI DI KANTOR URUSAN AGAMA BANYUASIN SATU) Oleh : KRISNA WIBOWO Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa jadi perkawinan adalah merupakan salah satu peristiwa penting dalam kehidupan manusia merupkan suatu lembaga resmi yang mempertalikan secara sah antara seorang pria dengan seorang wanita untuk hidup bersama sebagai suami istri didalam suatu perkawinan terdapat hak dan kewajiban suami sendiri sudah diatur dalam Kompilasi Hukum Islam bahwa suami istri harus mewujudkan tujuan pernikahan yaitu sakinah, mawadah, dan rahmah, dan menjadi ladasan dalam berumah tangga, dan ditarik rumusan masalah Bagaimana peranan seorang istri dalam mencari nafkah dari sudut pandang hukum islam dan Apa penyebab tingginya perceraian yang dikarenakan istri yang berkerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan seorang istri dalam mencari nafkah menurut pandangan Hukum Islam dan untuk mengetahui masalah-masalah yang timbul jika seorang istri ikut bekerja untuk mencari nafkah penelitian ini dilakukan secara normatif-empiris yang diambil dari data primer dengan melakukan wawancara dan data skunder yang dilakukan dengan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bukan hanya suami saja yang mepunyai peran ganda sebagai kepala rumah tangga dan juga sebagai pencari nafkah bagi keluarga, namun seorang wanita juga mempunyai peran ganda yaitu sebagai ibu rumah tangga dan juga bisa mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga atau bisa disebut wanita karir dan Hukum islam tidak melarang seorang istri bekerja asalkan tetap dalam aturan Syari’at, namun dampak buruk wanita yang bekerja bagi keluarga dapat meretakan dalam hubungan keluarga karena ketika seorang istri bekerja tanggung jawab dirumah sebagai ibu rumah tangga bisa terabaikan. Kata kunci : Perkawinan , Hak dan Kewajiban suami istri, Wanita karir, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Dr Abdul Latif MAhfuz, SH.,M.Kn 2.Burhanuddin, SH.,MH
Uncontrolled Keywords: hukum perkawinan islam
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 19 Mar 2022 04:25
Last Modified: 19 Mar 2022 04:25
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19622

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.