TINJAUAN HUKUM TERHADAP SENGKETA HAK ATAS TANAH DI KOTA PALEMBANG

Muhammad Rizki Ikbal, NIM. 502018176 (2022) TINJAUAN HUKUM TERHADAP SENGKETA HAK ATAS TANAH DI KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018176_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (954kB) | Preview
[img] Text
502018176_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
502018176_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
502018176_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
502018176_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)
[img] Text
502018176_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
502018176_Cover_sampai_Lampiran....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK TINJAUN HUKUM TERHADAP SENGKETA HAK ATAS TANAH DI KOTA PALEMBANG Oleh Muhammad Rizki Ikbal Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana tinjauan hukum terhadap sengketa hak atas tanah di Kota Palembang Pokok masalah tersebut selanjutnya dijabarkan dalam beberapa sub masalah atau pertanyaan penelitian yaitu: (1) faktor-faktor penyebab terjadinya sengketa hak atas tanah di Kota Palembang, (2) proses penyelesaian masalah sengketa hak atas tanah di Kota Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu meneliti fakta-fakta yang terjadi di masyarakat yang relevansinya dengan proses penyelesaian sengketa hak atas tanah yang dijadikan masalah penelitian. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan yuridis normatif untuk menelaah semua undang-undang dan regulasi yang terkait dengan pembahasan. Adapun sumber data penelitian mi bersumber dan data primer dan sekunder. Penelitian ini tergolong penelitian dengan jenis kualitatif yaitu dengan mengelola data primer yang diperoleh langsung dari sumbernya dan di catat untuk pertama kali, dan data sekunder adalah data hasil pengumpulan orang lain dengan maksud tersendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya sengketa pertanahan di Kota Palembang adalah Sertifikat Ganda, Sengketa Waris, Penguasaan Tanpa Hak, Akta Jual Beli Palsu, Jual Beli Berkali Kali dan Sengketa Batas dan Proses penyelesaian sengketa tanah melalui dua cara yaitu melalui jalur litigasi dan jalur non-litigasi. Pada nonlitigasi dilakukan melalui musyawarah, sedangkan apabila tidak ada kesepakatan jalur akhir melalui litigasi. Dalam hal mi penyelesaian sengketa, khususnya sengketa hak atas tanah secara litigasi akan membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang cukup lama. Kata Kunci: Hak, Sengketa dan Tanah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Edy Kastro, M.Hum Pembimbing 2 : Hj. Yonani, SH., M.H
Uncontrolled Keywords: Hak, Sengketa dan Tanah
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 16 Mar 2022 07:01
Last Modified: 16 Mar 2022 07:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19595

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.