PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS YANG DI EKSPLOITASI DARI PERSPEKTIF HUKUM PIDANA STUDI KASUS DI KOTA PALEMBANG)

ACHMAD GIFFARY, NIM. 502018085 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS YANG DI EKSPLOITASI DARI PERSPEKTIF HUKUM PIDANA STUDI KASUS DI KOTA PALEMBANG). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502018085_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
502018085_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
502018085_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
502018085_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
502018085_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
502018085_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
502018085_Cover_sampai_Lampiran...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PENYANDANG DISABILITAS YANG DI EKSPLOITASI DARI PERSPEKTIF HUKUM PIDANA (STUDI KASUS DI KOTA PALEMBANG) Oleh: ACHMAD GIFFARY Setiap orang berhak mendapatkan perlakuan hukum yang sama hal ini tertuang di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28D Ayat 1 yang berbunyi “Hak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di depan hukum”. Perlindungan hukum adalah segala upaya pemenuhan hak dan pemberian bantuan untuk memberikan rasa aman kepada saksi dan atau korban, yang dapat diwujudkan dalam bentuk seperti melalui restitusi, kompensasi, pelayanan medis, dan bantuan hukum. Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas “Penyandang Disabilitas adalah setiap orang yang mengalami keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan/atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat mengalami hambatan dan kesulitan untuk berpartisipasi secara penuh dan efektif dengan warga negara lainnya berdasarkan kesamaan hak”. Eksploitasi dalam bahasa Inggris disebut dengan exploitation yang berarti yang secara sewenang-wenang atau terlalu berlebihan terhadap sesuatu subyek eksploitasi hanya untuk kepentingan ekonomi tanpa mempertimbangan, rasa kepatutan, keadilan, dan kompensasi kesejahteraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan dan upaya perlindungan hukum dari Pihak Kepolisian Kota Palembang dan Dinas Sosial Kota Palembang dalam perlindungan hukum terhadap penyandang disabilitas yang di eksploitasi dan untuk mengetahui pandangan dari perspektif hukum pidana dalam perlindungan hukum terhadap penyandang disabilitas yang di eksploitasi. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis yaitu jenis penelitian yang mengacu pada kenyataan hukum dalam pelaksanaan perlindungan hukum terhadap eksploitasi penyandang disabilitas yang di eksploitasi dari perspektif hukum pidana (Studi Kasus di Kota Palembang). Penelitian ini menggunakan jenis teori dan sumber hukum yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, tersier. Metode yang dilakukan dalam pengumpulan data untuk penelitian ini dengan cara mengumpulkan data dari sumber-sumber penelitian, baik dari sumber data sekunder maupun dari sumber data primer. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dipahami bahwa Upaya perlindungan hukum yang dilakukan oleh Pihak Kepolisian, Dinas Sosial dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palembang ialah dengan memperhatikan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas bahwa penyandang disabilitas harus diperlakukan sebagaimana di dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan Penyandang disabilitas yang dieksploitasi maka pelaku eksploitasi harus dihukum sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Kata kunci : Perlindungan Hukum, Penyandang Disabilitas, Eksploitasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Nur Husni Emilson,S.H., Sp.N., M.H Pembimbing 2 : Luil Maknun, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Penyandang Disabilitas, Eksploitasi.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 15 Mar 2022 07:06
Last Modified: 16 Mar 2022 04:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19594

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.