POTENSI UNTUK PENGEMBANGAN TAMAN KEANEKARAGAMAN HAYATI HUTAN PELAWAN (Tristaniopsis merguensis Griff) DI DESA NAMANG KECAMATAN NAMANG KABUPATEN BANGKA TENGAH PROVINSI BANGKA BELITUNG

Febriyani, NIM. 452016010 (2021) POTENSI UNTUK PENGEMBANGAN TAMAN KEANEKARAGAMAN HAYATI HUTAN PELAWAN (Tristaniopsis merguensis Griff) DI DESA NAMANG KECAMATAN NAMANG KABUPATEN BANGKA TENGAH PROVINSI BANGKA BELITUNG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452016010_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text
452016010_BAB II_SAMPAI DENGAN _BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)

Abstract

Abstrak FEBRIYANI. Potensi Untuk Pengembangan Taman Keanekaragaman Hayati Hutan Pelawan (Tristaniopsis Merguensis Griff) Di Desa Namang Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Bangka Belitung (di bimbing oleh YULI ROSIANTY dan AGUS SUKARYANTO). Peneltian ini dilaksanakan untuk menganalisis dan mengetahui sumber daya alam, pemanfaatan sumberdaya alam dan poteni pengambangan di Taman Keanekaragaman Hayati Hutan Pelawan dengan mencari informasi di lapangan tentang kondisi, potensi, pengunjung, dan pengelola taman kehati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskripif kualitatif dengan teknik pengumplan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang menjadi narasumber yaitu pengelola dan kepala desa sedangkan wawancara didapatkan melalui masyarakat dan pengunjung taman keanekaragam hayati hutan pelawan. Hasil penelitian bahwa potensi Sumber daya alam yang terdapat di taman keanekaragamn hayati hutan pelawan adalah keanekaragaman hayati seperti flora dan fauna. Pemanfaatan bisa dilakukan oleh masyarakat yaitu memanfaatkan pohon pelawan sebagai bahan bangunan, arang dan lainnya. Pemanfaatan HHBK taman kenaekaragam hayati yaitu madu pelawan, teh pelawan dan jamur pelawan. Selain itu, pemanfaatan kawasan bisa dilakukan dnegan adanya ekowisata di kawasan Taman keanekaragaman hayati hutan pelawan. Potensi pengembangan taman keanekaragaman hayati hutan pelawan dengan perencanaan jangka pedek yaitu melakukan pemeliharaan dan pengembangan vegetasi, branding dan promosi produk hasil hutan, Peningkatan atraksi kegiatan wisata eksplorasi hutan yang beranekaragam dan pengembangan ekowisata budaya kearifan lokal. Sedangkan jangka panjang melakukan pembangunan infrastruktur, peningkatan kapasitas masyarakat dan meningkatkan kerjasama dengan pemerintah, masyarakat, LSM, Universitas/peneliti serta investor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Yuli Rosianty, S.Hut., M.Si. 2. Ir. Agus Sukaryanto, M.M.
Uncontrolled Keywords: kata kunci :pengembangan, taman keanekaragaman dan hayati hutan pelawan
Subjects: Kehutanan > ilmu kehutanan dan etika lingkungan
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:56
Last Modified: 11 Mar 2022 03:56
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19566

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.