DASAR HUKUM DAN KEWENANGAN KEJAKSAAN DALAM PENYIDIKAN TINDAK PIDANA KORUPSI

Puji Pratiwi, NIM. 502014485 (2018) DASAR HUKUM DAN KEWENANGAN KEJAKSAAN DALAM PENYIDIKAN TINDAK PIDANA KORUPSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502014485_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502014485_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)

Abstract

ABSTRAK DASAR HUKUM DAN KEWENANGAN KEJAKSAAN DALAM PENYIDIKAN TINDAK PIDANA KORUPSI Puji Pratiwi Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah: Apakah dasar hukum Kejaksaan dalam penyidikan tindak pidana Korupsi? dan Apakah kewenangan Kejaksaan dalam Penyidikan tindak pidana Korupsi? Jenis penelitian hukum ini adalah “penelitian hukum normatif’ yang dimaksudkan objek kerjanya meliputi data-data sekunder yang ada diperpustakaan. Tipe penelitian ini adalah bersifat deskriptif yaitu menggambarkan. Sesuai dengan judul dan beberapa permasalahan yang telah dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa: Dasar Hukum Kejaksaan selaku Penyidik tindak pidana Korupsi di Kejaksaan yaitu : Dalam hal-hal tertentu dapat saja penyidikan dilakukan oleh Kejaksaan, berdasarkan ketentuan Pasal 284 ayat (2)KUHAP jo Pasal 30 ayat (1) UU No. 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI khususnya Tindak Pidana Ekonomi (UU No. 7 drt Tahun 1955 tentang Pengusutan, Penuntutan, dan Peradilan Tindak Pidana Ekonomi) dan Tindak Pidana Korupsi (UU No. 31 Tahun 1999 jo UU No. 20 2001) masih dimungkinkan penyidikan dilakukan oleh Kejaksaan. Dan Kewenangan Kejaksaan selaku Penyidik tindak pidana Korupsi di Kejaksaan berdasarkan ketentuan Pasal 17 Keppres No. 86 Tahun 1999 adalah melakukan penyelidikan,penyidikan, pemeriksaan tambahan, penuntutan, pelaksanaan penetapan hakim dan putusan pengadilan, pengawasan terhadap pelaksanaan keputusan lepas bersyarat, dan tindakan hukum lain mengenai tindak pidana ekonomi, tindak pidana korupsi, dan tindak pidana lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Jaksa Agung. Kata Kunci : Kejaksaan, penyidikan, Korupsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi: Atika Ismail, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Kejaksaan, penyidikan, Korupsi.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 02 Mar 2022 03:23
Last Modified: 02 Mar 2022 03:23
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19352

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.