OPTIMASI PROTOTIPE DAN APLIKAAI TURBIB ULIR ARCHIMEDES KAPASITAS 5 KW

muhammad Aulia Rahman, NIM 132016109 (2021) OPTIMASI PROTOTIPE DAN APLIKAAI TURBIB ULIR ARCHIMEDES KAPASITAS 5 KW. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016109_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
132016109_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)

Abstract

ABSTRAK OPTIMASI PROTOTIPE DAN APLIKASI PADA TURBIN ULIR ARCHIMEDES KAPASITAS 5 kW Muhammad Aulia Rahman* *Email : rahmanmaulia92@gmail.com Indonesia adalah negara yang cukup kaya dengan potensi energi terbarukan seperti energi air skala mini/mikrohidro, energi biomassa, energi surya, energi angin, energi panas bumi, energi laut, dan energi nuklir. Khusus untuk PLTMH, pengembangannya biasanya memanfaatkan potensi aliran air dengan tinggi jatuh fluida dan debit tertentu yang akan menjadi energi listrik melalui turbin dan generator. Pada kenyataannya, di Indonesia rata-rata menunjukkan bahwa potensi sumber daya airnya memiliki debit yang besar dan tinggi jatuh fluida yang rendah. Jadi, pengembangan turbin dengan tinggi jatuh air yang rendah sangat cocok dikembangkan di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan 4 tahapan yaitu Pengambilan data, Alat dan bahan, Perhitungan, dan Analisis, Hasil perhitungan kecepatan aliran didapatkan nilai tertinggi yaitu terletak pada titik V12 = 0,46674 m/dt, dan nilai terendah terletak pada titik V434 = 0,28931 m/dt, dan nilai rata-rata pada kecepatan aliran pada penampang saluran adalah 9,644 m/dt. Analisis dimensi model-prototipe dilakukan dengan menerapkan teorema Buckingham-Pi. Analisis dilakukan pada kedua sisi yaitu turbin dan fluida. Kata kunci: PLTMH, kecepatan aliran, daya available, analisis dimensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING SKRIPSI 1. Ir. Zulkiffli saleh M.Eng 2. Yosi Apriani, S.T.,M.T
Uncontrolled Keywords: OPTIMASI PROTOTIPE DAN APLIKASI TURBIN ULIR ARCHIMEDES 5 KW
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Elektro > Teknik Tenaga Air
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:04
Last Modified: 01 Mar 2022 07:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19349

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.