PEMBERIAN JEJULUK DALAM ADAT PERNIKAHAN DI DESA KANGKUNG KECAMATAN SEMENDAWAI BARAT KABUPATEN OKU TIMUR

TRI MUHAMMAD RIZKI, NIM. 352016018 (2021) PEMBERIAN JEJULUK DALAM ADAT PERNIKAHAN DI DESA KANGKUNG KECAMATAN SEMENDAWAI BARAT KABUPATEN OKU TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
352016018_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text
352016018_BAB II_sampai_ BAB Terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)

Abstract

Tri Muhammad Rizki. 2021. Pemberian Jejuluk Dalam Adat Pernikahan di Desa Kangkung Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Dra. Nurhayati Dina., M.Pd., (2) Yuliarni, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci: Jejuluk, Adat, Pernikahan, Desa Kangkung Desa Kangkung merupakan salah satu satu desa yang terletak di Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur. Salah satu adat yang telah ada di Desa Desa Kangkung Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur sejak dahulu kala adalah pemberian Jejuluk dalam adat pernikahan. Permasalahan penelitian ini adalah:(1) Bagaimana latar belakang timbulnya adat pemberian jejuluk dalam adat pernikahan di Desa Kangkung Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur? (2) Bagaimana prosesi adat pemberian jejuluk dalam adat pernikahan di Desa Kangkung Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur? (3) Apa fungsi pemberian dalam dalam adat jejuluk pernikahan di Desa Kangkung Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur? (4) Nilai-nilai apa yang terkandung dalam pemberian jejuluk dalam adat pernikahan di Desa Kangkung Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur? Metode penelitian menggunakan metode survei dan metode historis. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan geografi, pendekatan sosiologi, pendekatan ekonomi, dan pendekatan budaya. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data colecetion), display data (penyajian data), dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian adalah: latar belakang timbulnya adat pemberian jejuluk dalam adat pernikahan di Desa Kangkung Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur adalah berasal dari tradisi turun temurun dari nenek moyang dan perkembangannya belum mengalami perubahan hingga tahun 2021. Prosesi adat pemberian jejuluk dalam adat pernikahan di Desa Kangkung Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur adalah dengan cara bermusyawarah terlebih dahulu antar kedua belah pihak. Pemberian gelar kepada laki-laki diambil dari nama silsilah keluarga laki-laki, sedangkan untuk perempuan diambil dari nama silsilah keluarga perempuan. Selanjutnya, jika kedua gelar tersebut disepakati maka baru dilaksanakan pemberian nama jejuluk tersebut dan diumumkan kemasyarakat melalui resepsi pernikahan. Fungsi pemberian dalam adat jejuluk pernikahan di Desa Kangkung Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur adalah untuk mengetahui bahwa orang tersebut telah memiliki pasangan hidup atau telah berkeluarga. Nilai-nilai yang terkandung dalam pemberian jejuluk dalam adat pernikahan di Desa Kangkung Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur adalah nilai sosial, nilai moral, dan nilai kebudayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Nurhayati Dina, M.Pd. 2. Yuliarni, S.Pd., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Jejuluk, Adat, Pernikahan, Desa Kangkung
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 24 Feb 2022 06:02
Last Modified: 24 Feb 2022 06:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19331

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.