PELAKSANAAN GANTI RUGI HAK ATAS TANAH YANG TERKENA PEMBANGUNAN JALAN TOL KAPAL BETUNG

ELTO YUDHA PERAWIRA, NIM. 502018276P (2021) PELAKSANAAN GANTI RUGI HAK ATAS TANAH YANG TERKENA PEMBANGUNAN JALAN TOL KAPAL BETUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502018276P_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502018276P_BAB II_SAMPAI BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan Ganti Rugi Hak Atas Tanah Yang Terkena Pembangunan Jalan Tol Kapal Betung Elto Yudha Perawira Ganti rugi dalam pengadaan tanah untuk pembangunan jalan Tol Kapal Betung, tim pelaksanaan pengadaan tanah harus lah memperhatikan kesejahteraan dan kemakmuran bangsa, negara dan masyarakat untuk mendapatkan atau mencapai kesepahaman dan kesepakatan antara pihak pihak yang membutuhkan tanah dengan pihak yang berhak menerima ganti rugi. dalam Pasal 2 pengadaan tanah untuk kepentingan umum dilaksanakan berdasarkan kemanusia, keadilan, kemanfaatan, kepastian, keterbukaan, ke ikut sertaan, kesejahteraan, keberlanjutan, dan keselarasan. Pengadaan tanah Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan ganti kerugian hak atas tanah yang terkena pembangunan jalan tol Kapal Betung dan Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan ganti rugi hak atas tanah yang terkena pembangunan jalan tol Kapal Betung dan kendala yang terjadi dalam pelaksanaan ganti rugi hak atas tanah yang terkena pembangunan jalan Tol Kapal Betung, yang bersifat deskriptif Teknik pengumpulan data dilakukan mulai dari penelitian kepustakaan (library research), dalam usaha mendapatkan data sekunder dengan cara mengkaji bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan dan bahan hukum sekunder yang relevan yaitu buku-buku, hasil peneletian dan hasil karya (ilmiah) sedangkan data lapangan (field reserch), diperoleh melalui wawancara pihak penjabat pembuat komitmen sumatera selatan. teknik pengolahan data dilakukan dengan cara mengolah dan menganalisi data yang telah dikumpulkan secara tekstual, lalu dikonstruksikan secara kualitatif, untuk selanjutnya ditarik suatu kesimpulan. Berdasarkan pembahasan dalam skripsi ini penulis menarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Pelaksanaan ganti rugi hak atas tanah yang terkena pembangunan jalan Tol Kapal Betung berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembanguan Untuk Kepentingan Umum dalam Pasal 13 melalui tahapan sebagai berikut; perencanaan, persiapan, pelaksanaan, penyerahan hasil 2. Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan ganti rugi hak atas tanah yang terkena pembangunan jalan Tol Kapal Betung, yaitu : a. Kurangnya petugas pelaksana inventarisasi dan indentifikasi pengadaan tanah. b. Sempitnya waktu penetapan nilai ganti rugi hak atas tanah. c. Sulitnya mengambil kata sepakat dengan pemilik tanah sehubungan dengan besarnya ganti rugi. d. Pemilik hak atas tanah sering mendesak untuk segera diberikan ganti rugi hak atas tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. H. Abdul Hamid Usman, S.H., M.Hum 2. DR. Mulyadi Tanzili, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Ganti Rugi, Hak Atas Tanah, Pembangunan Jalan Tol Kapal Betung
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 16 Feb 2022 03:44
Last Modified: 16 Feb 2022 03:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19314

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.