KONTRIBUSI LEMBAGA DAKWAH ISLAM PROGRAM PEMBIBITAN PENGHAFAL AL-QU’AN (PPPA) DARUL QUR’AN DALAM PENGEMBANGAN ZAKAT, INFAQ, SEDAKAH (ZIS) DI KOTA PALEMBANG

SUMARNI, NIM. 612015090 (2019) KONTRIBUSI LEMBAGA DAKWAH ISLAM PROGRAM PEMBIBITAN PENGHAFAL AL-QU’AN (PPPA) DARUL QUR’AN DALAM PENGEMBANGAN ZAKAT, INFAQ, SEDAKAH (ZIS) DI KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612015090_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612015090.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui usaha-usaha yang berhubungan dengan dakwah islam yang efektif. Dengan semakin berkembangnya dakwah maka semakin danpat menyelesaikan maslah-masalah umat dengan solusi yang tepat. Dakwah melalului PPPA Darul Qur’an merupakan terobosan baru pegembangan media dakwah yang memungkinkan berkembang pada saat skrang. Penelitian adalh field research (Penelitian Lapangan) yakni penelitian dengan mengamati langsung lokasi penelitian, adapun data yang digunakan adalah data kualitatif yakni data yang diperoleh dari hasil pengamatan langsung objek penelitian dan disajikan dalam bentuk pemaparan informasi dari wawancara yang dilakukan peneliti kepada responden. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik wawanra, observasi dan dokumentasi. wawancara yang dilakukan peneliti menggunakan wawancara tidak terstruktur yakni peneliti bebas menanyakan apa saja. tapi tetap juga mengingat data apa saja yang akan dikumpulkan. Pengamatan partisipan juga dilakukan peneliti dengan mengamati proses kerja, berinteraksi dengan pihak yang berhubungan denagn lembaga seperti data, dokumentasi untuk menguatkan analisa data selanjutnya. Berdasarkan data dan analisis data ditemuka bahwa pengembangan dakwah isalam terkait dengan kesadaran masyarakat dalam membayarkan zakat, infaq dan sedekah masih butuh bimbingan dan sosialisasi dengan mendadakan kegiatan event dan tabligh akab yang biasa dilaksanakan melalui program kajian islam bulanan dan program-program yang lain. PPPA darul qura’n tersu berupaya dengan semkasimalkan mungkin utnuk menghimpun dana ZIS yang akan didistribusikan kepada asnaf zakat dan juga para penghafal quran dan guru tahfizh qur’an, meski ada beberapa factor yang mmpengaruhi pengembangan dakwah islam di pelambang ini dalah kurang kepercayaan masyarakat dan juga banyak masyarakat yang langsung menyamapaikan dana ziswaf ke perorangan sehingga tidak termanajeman dengan baik dan inilah tantangan PPPA Darul Qur’an untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat luas pentingnya membayar zakat. PPPA Darul Qur’an hadir dengan berbagai macam program yang ada akan mterus melibatkan para mustahiq untuk secara bertahap membantu dan kemudian akhirnya mengangkatnya dari mustahik ke muzzaki. program yang ada mudah-mudahan menjadi solusi untuk permasalahan umat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Abu Hanifah, M.Hum 2. H. Sayid Habiburrahman, M.Pd.I.
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 08 Feb 2022 05:08
Last Modified: 10 Feb 2022 06:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19284

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.