UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR (POLRES) MUSI RAWAS

M. NUR HENDRA, NIM. 91218064 (2021) UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR (POLRES) MUSI RAWAS. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91218064_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
91218064_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR (POLRES) MUSI RAWAS OLEH M. NUR HENDRA Kejahatan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika merupakan kejahatan yang dapat merusak generasi bangsa. Dengan demikian, pemberantasan dan pencegahannya perlu mendapat perhatian khusus bagi semua pihak, khususnya negara. Atas dasar itu, maka semua institusi kepolisian dituntut untuk memiliki satuan yang khusus menangani kasus-kasus narkotika. Polres Musi Rawas saat ini sudah memiliki satuan reserse narkoba Dalam pelaksanaan tugasnya Satuan Resnarkoba Polres Musi Rawas tentunya tidak mudah menegakkan hukum dalam hal ini kejahatan narkotika, karena terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya. Adapun permasalahan penelitian ini adalah bagaimana upaya penanggulangan kejahatan narkotika dan faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala dalam penanggulangan tindak pidana penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Musi Rawas. Penelitian ini tergolong penelitian hukum empiris dengan mengutamakan data lapangan (field research) dengan spesifikasi penelitian diskriptif analitis. Hasil penelitiannya adalah bahwa upaya penaggulangan tindak pidana narkotika di wilayah hukum Polres Musi Rawas dilakukan dengan menerapkan kebijakan penal atau non penal dengan 3 (tiga) tindakan, yaitu tindakan pre-emtif/preventif (pencegahan), tindakan kuratif (perawatan dan penyembuhan) dan tindakan represif (penindakan dan pemberantasan) Faktor-faktor kendalanya, yaitu faktor penegak hukum yang masih belum maksimal dalam menjalankan program dan oknum yang kurang disiplin serta kekurangan tenaga professional yang berpendidikan tinggi yang memiliki skill, faktor sarana pendukung petugas dalam melakukan patroli, razzia dan pengawasan lapangan, dan faktor masyarakat yang kurang memiliki kesadaran hukum dan kurang mendukung tugas kepolisian. Kata Kunci: Penanggulangan Kejahatan, Kepolisian dan Narkotika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. H. Ruben Achmad, S.H. M.H. 2. Dr. Arief Wisnu Wardhana, S.H. M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penanggulangan Kejahatan, Kepolisian dan Narkotika.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:57
Last Modified: 21 Jan 2022 02:57
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19251

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.