TINJAUAN KRIMINOLOGIS HUKUM TERHADAP KEJAHATAN BEGAL YANG MENGGUNAKAN SENJATA TAJAM (STUDI KASUS DI POLDA SUMATERA SELATAN)

NURDIN, NIM: 502014070 (2021) TINJAUAN KRIMINOLOGIS HUKUM TERHADAP KEJAHATAN BEGAL YANG MENGGUNAKAN SENJATA TAJAM (STUDI KASUS DI POLDA SUMATERA SELATAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502014070_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502014070_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)

Abstract

ABSTRAK TINJAUAN KRIMINOLOGIS HUKUM TERHADAP KEJAHATAN BEGAL YANG MENGGUNAKAN SENJATA TAJAM (STUDI KASUS DI POLDA SUMATERA SELATAN) OLEH NURDIN Tinjauan kriminologis hukum terhadap kejahatan begal perlu dilakukan agar kemudian dapat ditemukan solusi efektif untuk menanggulangi dan memberantas atau paling tidak mengurangi tindakan negatif yang dilakukan begal guna terwujudnya stabilitas keamanan dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa faktor penyebab terjadinya kejahatan begal dan upaya hukum menanggulangi kejahatan begal. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan membandingkan keadaan nyata dan data yang ada tentang apa faktor penyebab terjadinya kejahatan begal serta bagaimana upaya hukumnya. Berdasarkan analisis terhadap data dan fakta tersebut, maka penulis menyimpulkan antara lain faktor yang mempengaruhi terjadinya kejahatan begal yakni faktor ekonomi, faktor pergaulan, dan faktor lingkungan. Adapun upaya hukum yang dilakukan oleh aparat penegak hukum meliputi: a. Upaya preventif yang dilakukan oleh pihak Kepolisian adalah melakukan penyuluhan dan patroli. b. Upaya represif merupakan penindakan bagi pelaku kejahatan begal melalui suatu proses peradilan pidana dan melakukan pembinaan di lembaga permasyarakatan. Kata kunci: Tinjauan kriminologis hukum, kejahatan begal, dan senjata tajam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Skripsi : Dr. Muhammad Yahya Selma, SH,.MH
Uncontrolled Keywords: Tinjauan kriminologis hukum, kejahatan begal, dan senjata tajam
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 15 Mar 2022 02:06
Last Modified: 15 Mar 2022 02:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19247

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.