METODE DAKWAH USTADZ SURURI TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR’AN ( STUDI KASUS YAYASAN TAHFIDZIL QUR’AN TIJAROTAL LANTABUR BANTEN IV PALEMBANG )

ANGGA, NIM. 612015047 (2021) METODE DAKWAH USTADZ SURURI TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN AL-QUR’AN ( STUDI KASUS YAYASAN TAHFIDZIL QUR’AN TIJAROTAL LANTABUR BANTEN IV PALEMBANG ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612015047_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text
6612015047_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)

Abstract

ABSTRAK Islam adalah agama dakwah artinya agama yang selalu mendorong pemeluknya senantiasa untuk aktip melakukan kegiatan dakwah. Karna maju mundurnya umat Islam sangat bergantung dan berkaitan erat dengan kegiatan dakwah yang dilakukannya, karena itu al-Qur’an dalam menyebut kegiatan dakwah dengan sebaik-baik perkataan (Ahsanul Qaula). Menghafal al-Qur’an merupakan suatu ibadah yang dimulai sejak masa nabi Muhammad SAW dan berkembang hingga masa sekarang. Metode dakwah ustad Sururi memiliki peranan penting upaya untuk melakukan kegiatan dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an yang ada di Yayasan Tahfidzil Qur’an Tijarotal Lantabur Banten IV Palembang, terdapat beberapa macam metode menghafal al-Qur’an dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an yang ada di Pondok Pesantren seperti Metode Bin-Nazhar (membaca dengan melihat mushaf al-Qur’an secara langsung), Metode Tahsin (memperbaiki bacaan sesuai kaidah ilmu tajwid), Metode Tahfidz (menghafalkan al-Qur’an sedikit demi sedikit), dan Metode Muraja’ah (mengulang-ngulang hafalan). Alasan penulis mengangkat masalah ini adalah karena ingin menggali, mengamati, atau mencari data-data yang lebih akurat terkait dalam peningkatan hafalan al-Qur’an yang ada di Yayasan Tahfidzil Qur’an Tijarotal Lantabur Banten IV Palembang. Karena pada hakekatnya al-Qur’an adalah berfungsi sebagai petunjuk bagi seluruh manusia (Hudal Lin-Nas), maka dalam membaca al-Qur’an harus diupayakan mampu memahami makna yang terkandung di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kegiatan belajar menghafal al-Qur’an di Yayasan Tahfidzil Qur’an Tijarotal Lantabur Banten IV Palembang, untuk mendeskripsikan metode apa saja yang digunakan oleh ustadz sururi dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an Di Yayasan Tahfidzil Qur’an Tijarotal Lantabur Banten IV Palembang, dan untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi pendorong dan penghambat dalam proses menghafal al-Qur’an di Yayasan Tahfidzil Qur’an Tijarotal Lantabur Banten IV Palembang. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode dakwah ustadz sururi terhadap peningkatan hafalan al-Qur’an sebagai berikut : (1).Metode Bin-Nazhar (membaca dengan melihat mushaf al-Qur’an secara langsung), (2).Metode Tahsin (memperbaiki bacaan sesuai kaidah ilmu tajwid), (3).Metode Tahfidz (menghafalkan al-Qur’an sedikit demi sedikit), dan Metode Muraja’ah (mengulang-ngulang hafalan), sehingga dari berbagai macam metode ini semoga dapat membantu, memperlancar dan mempermudah para santri yang ada di yayasan Tahfidzil Qur’an Tijarotal Lantabur Banten IV Palembang untuk belajar menghafal dan meningkatkan hafalan al-Qur’annya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Purmansah Ariadi, S.Ag., M.Hum 2. Titin Yenni, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Dakwah, Hafalan Al-Qur’an
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:44
Last Modified: 18 Jan 2022 04:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19246

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.