PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP KAWIN PAKSA DI DESA TANJUNG LAGO KECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN

NYAYU LUSI SARTIKA, NIM. 632017003 (2021) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP KAWIN PAKSA DI DESA TANJUNG LAGO KECAMATAN TANJUNG LAGO KABUPATEN BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
632017003_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
632017003_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Nama: Nyayu Lusi Sartika NIM: 632017003 Judul: Pandangan Hukum Islam Terhadap Kawin Paksa di Desa Tanjung Lago Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin Pokok masalah penelitian ini adalah: Bagaimana Pandangan Hukum Islam Terhadap Kawin Paksa di Desa Tanjung Lago Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin? Pokok masalah tersebut dibagi dalam dua sub masalah atau pertanyaan penelitian yakni: 1.) Bagaimana Pandangan Hukum Islam Terhadap Kawin Paksa di Desa Tanjung Lago Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin?, 2.) Faktor- faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kawin paksa di Desa Tanjung Lago Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin? Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, skripsi ini akan menggambarkan data yang diperoleh dari lapangan, baik dengan wawancara, maupun dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. kemudian dilanjutkan dengan proses editing, diklasifikasikan, kemudian dianalisa. selain itu, proses analisa tersebut juga didukung dengan kajian pustaka sebagai referensi untuk memperkuat data yang diperoleh dari lapangan. kawin paksa adalah salah satu rentetan kejadian yang kerap kali terjadi didalam urusan perkawinan (munakahat). perkawinan secara paksa merupakan suatu penyimpangan dan kekerasan terhadap anak, salah satu bentuk kasus kekerasan anak adalah perjodohan paksa. efek tindakan ini dapat lebih parah ketimbang kekerasan fisik walaupun terkadang kawin paksa happy ending, berupa kebahagiaan rumah tangga, namun dari kasus yang terjadi dampak negatif lebih dominan. Dilihat dari fenomenan tersebut muncul pertanyaan apa sebab ditegakkannya aturan tersebut dan bagaimana dampak yang muncul setelah terjadi hal itu, baik dampak antara kedua pihak yang melakukan kawin paksa maupun hubungan dengan masyarakat sekitar. Sehingga dengan Proses semacam itu, dapat diperoleh kesimpulan sebagai jawaban atas dua pertanyaan diatas. Dari pertanyaan yang ada, akan muncul jawaban dari sebab ditegakkannya aturan tersebut yaitu tindakan yang dilakukan masyarakat untuk menjaga nama baik agama dan juga lingkungan sekitar. Bagaimana dampak terhadap para pelaku yaitu dampak terhadap lingkungan. Nama baik lingkungan bisa tercemar akibat dari tindakan masyarakat itu maka mereka bisa saja dikeluarkan dan tidak diakui dari keanggotaan. Dampak terhadap keluarga kedua bela pihak sendiri karena terkadang para pelaku kawin paksa ini tidak didasari rasa cinta maka dari itu terkadang muncul pertengkaran, tindak kekerasan, perselingkuhan dan juga perceraian. Kata Kunci: Kawin Paksa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Yuniar Handayani, S.H.,M.H 2. Yahya.,Lc.M.PI
Uncontrolled Keywords: Kawin Paksa
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:03
Last Modified: 08 Mar 2022 03:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19229

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.