STUDI PENGEMBANGAN EKOWISATA DI KAWASAN DANAU RANAU DI DESA BANDING AGUNG KECAMATAN BANDING AGUNG KABUPATEN OKU SELATAN PEROVINSI SUMATRA SELATAN

JEFRIO ANGGARA, NIM. 452014015 (2021) STUDI PENGEMBANGAN EKOWISATA DI KAWASAN DANAU RANAU DI DESA BANDING AGUNG KECAMATAN BANDING AGUNG KABUPATEN OKU SELATAN PEROVINSI SUMATRA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452014015_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
452014015_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK JEFRIO ANGGARA. STUDI PENGEMBANGAN EKOWISATA DI KAWASAN DANAU RANAU DI DESA BANDING AGUNG KECAMATAN Kabupaten Oku Selatan Provinsi Sumatera Selatan (dibimbing oleh ASVIC HELIDA dan EFENDI AGUS WALUYO). Penelitian ini bertujuan mengetahui rencana pengembangan konsep ekowisata di Kawasan Danau Ranau di Banding Agung Kecamatan Banding agung Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini dilakukan di Danau Ranau Desa Banding Agung Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Waktu pelaksanaan penelitian dimulai bulan Januari sampai dengan April 2021.Penelitian ini menggunakan metode kualititatif dan bersifat eksploratif dengan tujuan untuk menggali fakta yang ada. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode acak sederhana atau Simple Random Sampling. Penarikan contoh untuk responden dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada wisatawan yang berkunjung dan pengelola kawasan ekowisata Danau Ranau di Desa Banding Agung, kepala Desa Banding Agung serta Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten OKU Selatan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah menggunakan analisis SWOT, dimana metode ini dapat menentukan kombinasi faktor internal dan eksternal. Analisis SWOT membandingkan antara faktor internal dan eksternal, yaitu kekuatan (Strength), dan kelemahan (Weakness) dengan faktor eksternal yaitu peluang (Opportunity), dan ancaman (Threats).Kekuatan diferensiasi Ekowisata Danau Ranau, yaitu : ekowisata terindah yang strategis, nyaman dan asri dengan udara yang bersih dan sejuk, dapat ditempuh dari tiga provinsi, panorama alam yang indah di sepanjang jalan, dan adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah. Kelemahan diferensiasi dari Ekowisata Danau Ranau adalah kurangnya eksplorasi flora dan fauna dan belum tersedianya pemandu wisata lokal yang professional. Peluang diferensiasi dari Ekowisata Danau Ranau adalah peluang sebagai lokasi konservasi jenis-jenis flora dan fauna. Lokasi Danau Ranau sebagai bagian dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) yang luas sangat sesuai dijadikan konservasi berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang khas wilayah tersebut. Ancaman diferensiasi Ekowisata Danau Ranau meliputi : Berkurangnya minat pengunjung karena terdapat banyaknya obyek wisata baru, persaingan pariwisata antar objek wisata, kurangnya kepedulian pengunjung dan masyarakat terhadap sampah di lokasi dan meningkatnya minat wisata untuk melakukan perjalanan wisata ke daerah lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Asvic Helida S.Hut M.Sc 2. Efendi Agus Waluyo S.Hut M.Ec M.Dev M.A
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengembangan Ekowisata, Danau Ranau
Subjects: Kehutanan > Konservasi Sumber Daya Alam
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:45
Last Modified: 04 Jan 2022 04:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19226

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.