PERANCANGAN PROTOTYPE ALAT PENCACAH PLASTIK DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Zamza Satria, NIM. 152016013 (2021) PERANCANGAN PROTOTYPE ALAT PENCACAH PLASTIK DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152016013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
152016013_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PERANCANGAN PROTOTYPE ALAT PENCACAH PLASTIK MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) Zamza Satria Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Palembang E-mail: zamzasatria70@gmail.com Sampah plastik merupakan barang bekas yang materialnya diproduksikan dari bahan kimia tak terbarui, sampah plastik semakin lama semakin meningkat maka diperlukan cara untuk mengurangi dampak yang dihasilkan dari limbah tersebut. Cara alternatif untuk mengurangi sampah plastik adalah membuat alat pencacah plastik yang bertujuan untuk mencacah plastik menjadikan bahan baku baru untuk diperbarui. Pada proses pencacahan ini alat yang masih digunakan masih belum efektif dikarenakan masih menggunakan penggerak motor berbahan bakar diesel, sulit untuk dipindahkan,dan sulit diperbaiki. Hal tersebut menimbulkan permasalahan diantaranya memakan biaya yang besar pada perbaikan alat dan pada proses pencacahan serta alat yang sulit untuk dipindahkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang prototype alat pencacah plastik menggunakan metode Quality Function Deployment agar dapat menghasilkan alat pencacah plastik sesuai keinginan konsumen. Setelah itu dibuat, desain alat pencacah plastik kemudian masuk pada proses pembuatan alat. Setelah alat selesai kemudian didapatkan perbedaan dari hasil penelitian yaitu alat yang sebelumnya itu sulit untuk dipindahkan serta masih banyak memakan biaya pengeluaran untuk perawatan dan pemborosan bahan bakar karena menggunakan solar, untuk alat yang dibuat didapatkan hasil yaitu mudah diperbaiki, mudah dipindahkan kemana saja dan hemat bahan bakar karena menggunakan bahan bakar listrik. Kata Kunci : QFD, rancangan alat, desain produksi, pembuatan alat, pencacah plastik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Merisha Hastarina, S.T.,M.Eng 2. Masayu Rosyidah,S.T.,M.T.
Uncontrolled Keywords: QFD, rancangan alat, desain produksi, pembuatan alat, pencacah plastik.
Subjects: Industri > Pabrik-pabrik (Manufactures)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:04
Last Modified: 29 Dec 2021 07:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19205

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.