ANALISIS DERMATOGLIFI PADA POPULASI KOMERING

SITI SABRINA, NIM. 702017040 (2021) ANALISIS DERMATOGLIFI PADA POPULASI KOMERING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017040_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
702017040_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Siti Sabrina Program Studi : Kedokteran Judul : Analisis Dermatoglifi pada Populasi Komering Dermatoglifi pertama kali diperkenalkan oleh Harold Cummins pada tahun 1926 yang merupakan proses pengambilan kesan dari sulur papiler pada ujung jari untuk dianalisis). Beberapa komponen dermatoglifi yang dapat digunakan antara lain pola sidik jari dan sudut ATD (Axial Tri-Radius Digital). Sudut ATD dan pola sidik jari dapat digunakan sebagai alternatif dalam mengidentikasi suatu individu karena keunikan yang dimiliki oleh setiap individu serta diidentifikasi untuk diketahui distribusi pola sidik jari di berbagai populasi dan kelompok etnik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi pola sidik jari dan sudut ATD pada populasi Komering di Palembang. Penelitian pola sidik jari dan sudut ATD bersifat deskriptif. Sampel penelitian berjumlah 43 responden yang terdaftar pada Ikatan Keluarga Gunung Batu (IKA GUBA) Komering Ulu Timur di Kota Palembang diambil secara total sampling. Dari hasil penelitian pola ulnar loop merupakan pola sidik jari terbanyak dengan masing-masing palmar tangan kanan (90,4%) dan palmar tangan kiri (85,9%). Pola sidik jari paling sedikit didapat adalah accidental whorl dengan masing-masing, palmar tangan kanan 0% dan palmar tangan kiri (1,8%). Hasil penelitian untuk sudut ATD yang paling banyak adalah dengan rentang sudut 30o -45o yaitu pada palmar kanan (88,4%) dan yang paling sedikit adalah sudut ATD <30o yaitu 0%. Pada palmar tangan kiri sudut ATD terbanyak adalah 30o -45o (86%) dan yang paling sedikit adalah sudut ATD <30o yaitu hanya satu tangan (2,3%). Kata Kunci: Pola sidik jari, distribusi pola, sudut ATD, populasi Komering.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. Mitayani, M.Si., Med. 2. dr. Otchi Putri Wijaya
Uncontrolled Keywords: Pola sidik jari, distribusi pola, sudut ATD, populasi Komering.
Subjects: Biologi > Evolusi dan Genetika
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 29 Dec 2021 02:04
Last Modified: 29 Dec 2021 02:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19204

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.