KEDUDUKAN AKTA YANG DIBUAT OLEH NOTARIS DALAM JAMINAN FIDUCIA

MOCH. RISYANDI FATIKA, NIM. 502017325 (2021) KEDUDUKAN AKTA YANG DIBUAT OLEH NOTARIS DALAM JAMINAN FIDUCIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017325_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (912kB) | Preview
[img] Text
502017325_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)

Abstract

Tujuan yang bermaksud untuk mengetahui kedudukan akta yang dibuat notaris dalam jaminan fiducia. Untuk itu permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah kedudukan akta yang dibuat oleh notaris dalam jaminan Fiducia dan Apakah akibat hukum terhadap jaminan fiducia apabila tidak dibuat dihadapan Notaris. Penulisan skripsi ini tergolong penelitian hukum Normatif yang bersifat deskriptif sehingga tidak berkehendak menguji hipotesis. Setelah diadakan penelitian dapat disimpulkan ; Kedudukan Akta yang Dibuat Notaris dalam Jaminan Fiducia adalah sebagai alat bukti tertulis yang bersifat otentik mengenai keadaan, atau perbuatan hukum untuk menjamin kepastian, ketertiban, dan perlindungan hukum maupun sebagai syarat sahnya suatu peristiwa hukum yaitu jaminan fiducia dan Akibat Hukum Terhadap Jaminan Fiducia Apabila Tidak Dibuat Dihadapan Notaris, maka perjanjian fiducia tersebut tidak bersifat otentik tetapi hanya sebagai akta di bawah tangan sehingga tidak memenuhi persyaratan untuk dikatagorikan sebagai jaminan fiducia, dan tidak mempunyai hak yang didahulukan (Preferen) kepada penerima fidusia terhadap kreditor yang lain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Hendri S, SH., M.Hum 2. Mona Wulandari, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Akta, Jaminan, Fiducia
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 Dec 2021 03:05
Last Modified: 24 Dec 2021 03:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19189

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.