PERANAN PIHAK KEPOLISIAN APABILA TERJADINYA KASUS ANCAMAN KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DIBAWAH UMUR (STUDI KASUS DI POLRES MUARA ENIM)

ANDRE LEONARDO QOMARUL BAIT, NIM. 502016345 (2021) PERANAN PIHAK KEPOLISIAN APABILA TERJADINYA KASUS ANCAMAN KEKERASAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DIBAWAH UMUR (STUDI KASUS DI POLRES MUARA ENIM). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502016345_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (926kB) | Preview
[img] Text
502016345_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)

Abstract

Adapun yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana perlindungan hukum terhadap anak pelaku tindak pidana ancaman kekerasan oleh kepolisian. 2. Bagaimana Upaya kepolisian dalam Penanggulangan Tindak Pidana Ancaman Kekerasan Oleh Anak. Sejalan dengan permasalahan yang dibahas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi Peran dan Tugas Kepolisian dalam perkara ancaman kekerasan oleh anak. Maka penelitian Maka penelitian ini adalah penelitian normatif. Sumber penelitian hukum normatif hanyalah data sekunder, yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui : 1. Wawancara (interview), Penulis mengadakan tanya-jawab / wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dengan judul yang diangkat oleh penulis. 2. Studi Keperpustakaan, Penulis menelaah bahan-bahan pustaka yang relevan dengan penelitian berupa literatur-literatur, peraturan perundang-undangan, dokumendokumen, buku, makalah, serta termasuk data yang bersumber dari Kepolisian Muara Enim yang tentunya berkaitan dengan judul yang diangkat oleh penulis. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara menangalisa dari data-data yang telah terkumpul dari sumber primer dan sumber sekunder yang berupa kesimpulan dari permasalahan yang diteliti skripsi ini. Berdasarkan pada pembahasan yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1. proses penanganan tindak pidana anak wajib diversikan. 2. Melakukan sosialisasi bersama pihak terkait yaitu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kabupaten Muara Enim, Melakukan penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana anak sebagai upaya edukasi bagi masyarakat ataupun anak yang melanggar hukum dan mengupayakan diversi disetiap tahap penyidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Mulyadi Tanzili, SH., MH 2. Yudistira Rusydi, SH., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana, Anak Dibawah Umur
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 08 Dec 2021 01:25
Last Modified: 08 Dec 2021 01:25
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19153

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.