POLIGAMI TANPA IZIN ISTRI PERTAMA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 (STUDI KASUS DI PENGADILAN AGAMA LAHAT)

RIKKY FERDINATA, NIM. 502016039 (2021) POLIGAMI TANPA IZIN ISTRI PERTAMA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 (STUDI KASUS DI PENGADILAN AGAMA LAHAT). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502016039_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (801kB) | Preview
[img] Text
502016039_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)

Abstract

Adapun yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah pengaturan poligami menurut Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan akibat hukumnya apabila suami melakukan poligami tanpa izin istri menurut Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974. Sejalan dengan permasalahan yang dibahas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi landasan hukum untuk melakukan poligami. Maka penelitian ini adalah penelitian normatif. Sumber penelitian hukum normatif hanyalah data sekunder, yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui : Observasi; metode ini penulis gunakan untuk menghimpun data penelitian berupa pengamatan. Studi Keperpustakaan; kegiatan untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang menjadi obyek penelitian. Penelitian Lapangan (Field Reseearch); kempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi suatu sosial, individu, kelompok, lembaga dan masyarakat. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara menangalisa dari data-data yang telah terkumpul dari sumber primer dan sumber sekunder yang berupa kesimpulan dari permasalahan yang diteliti skripsi ini. Berdasarkan pada pembahasan yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa poligami merupakan perkawinan seorang suami dengan lebih dari satu istri. Poligami tanpa izin istri tidak dapat dilanjutkan yang berarti permintaan tersebut secara langsung ditolak. Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 merupakan pedoman dalam pembahasan ini dan menjadi panduan penyelesaian penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. H. Saifullah Basri, SH., MH 2. Rusniati, SE., SH., MH
Uncontrolled Keywords: POLIGAMI, HUKUM PERKAWINAN
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 08 Dec 2021 01:26
Last Modified: 08 Dec 2021 01:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19152

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.