PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL DAN RELIGIUSITAS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 OGAN KOMERING ULU (OKU)

Atin Tri Wahyuni, NIM. 622017034 (2021) PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL DAN RELIGIUSITAS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 2 OGAN KOMERING ULU (OKU). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017034_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB) | Preview
[img] Text
622017034_BAB II_SAMPAI DENGAN BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)

Abstract

ABSTRAK Atin Tri Wahyuni Nim 622017034 Peranan Pendidikan Agama Islam Terhadap Perkembangan Moral dan Religiusitas Siswa SMP Negeri 2 OKU. Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah : Bagaimana pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 OKU, Bagaimana moral dan sikap religiusitas siswa di sekolah tersebut, Bagaimana peran pendidikan agama Islam dalam pembinaan moral dan religiusitas siswa di SMP Negeri 2 OKU. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus TSR (Tinggi, Sedang, Rendah). Pembelajaran pendidikan agama sangatlah penting mengingat bahwa pembelajaran agama sejatinya untuk membentuk perilaku keagamaan atau moralitas peserta didik sehingga akhirnya terbentuk masyarakat beradab yang Islami. Terlepas dari itu semua, dalam kenyataan pendidikan agama Islam di sekolah masih banyak hal yang belum memenuhi harapan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab selanjutnya peneliti menyimpulkan : Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 OKU termasuk dalam kategori sedang. Hal ini terbukti dari persentase skor jawaban responden ternyata yang memperoleh skor sedang lebih dominan sebanyak 61 orang (57,55%), Moral dan sikap religiusitas siswa SMP Negeri 2 OKU termasuk dalam kategori sedang. Hal ini terbukti dari persentase skor jawaban responden ternyata yang memperoleh skor sedang lebih dominan sebanyak 60 orang (56,60%), Peranan pendidikan agama islam dalam perkembangan moral dan sikap religiusitas siswa dikatakan sangat berperan. Hal ini terbukti dari skor hasil penyebaran angket, masing-masing variabel termasuk dalam kategori ssedang. Artinya pelaksanaan pendidikan agama islam berada dalam kategori sedang, maka peranannya dalam perkembangan moral dan sikap religiusitas siswa juga dalam kategori sedang. Kata Kunci: Peranan Pendidikan Agama Islam, Perkembangan Moral, dan Religiusitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Azwar Hadi, S.Ag., M.Pd.I. 2. Drs. Ruskam Su'aidi, M.H.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peranan Pendidikan Agama Islam, Perkembangan Moral, dan Religiusitas
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 09 Dec 2021 02:20
Last Modified: 09 Dec 2021 02:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19150

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.