KAJIAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA PERKOSAAN ANAK DI BAWAH UMUR BERDASARKAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA (KUHP) DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK

EVA SARI, NIM. 91216126 (2019) KAJIAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA PERKOSAAN ANAK DI BAWAH UMUR BERDASARKAN KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PIDANA (KUHP) DAN UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN ANAK. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91216126_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
91216126_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku seksual merupakan bagian yang alami dalam kehidupan manusia.Sebab Tuhan menciptakan manusia sebagai makhluk seks (berjenis kelamin), dan menciptakan seksual dalam mempertahankan kelangsungan eksistensi umat manusia.Namun demikian terkadang ada sebagian orang mengalami orientasi seks yang keliru hingga pelampiasan kebutuhan seksualnya condong kepada pelecehan, bahkan penyiksaan pada anak-anak yang justeru acapkali masih di bawah umur. Tindak kriminal dengan cara kekerasan seksual ini lazim disebut perkosaan. Permaslahan yang diangkat dalam penelitian tesis ini adalah: Bagaimana tanggung jawab pidana pelaku perkosaan terhadap anak di bawah umur menurut Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan Undang-Undang Perlindungan Anak dan Apa faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana perkosaan terhadap anak di bawah umur dari perspektif kriminologis? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dengan menggunakan data sekunder (data pustaka dan dokumenter) berupa bahan hukum primer, sekunder dan tersier.Spesifikasi penelitian ini bersifat diskriptif analitis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah tanggung jawab pidana pelaku perkosaan anak di bawah umur diatur dalam ketentuan Pasal 285, 286, 287 dan 288 KUHP serta Pasal 76D dan Pasal 81 Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Sedangkan faktor-faktor penyebab terjadinya tindak pidana perkosaan terhadap anak di bawah umur dari sudut pandang kriminologi, yakni faktor pengaruh budaya, gaya hidup atau mode pergaulan, kurang pengalaman dan pemahaman norma agama, pengawasan masyarakat yang minim, penegakan hukum yang terasa tidak adil, ketidakmampuan mengendalikan hawa nafsu, untuk balas dendam akibat perlakuan korban. Kata Kunci: Tanggung jawab pidana, perkosaan, anak di bawah umur.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. H. Ruben Achmad, SH. MH 2. Dr. Muhammad Yahya Selma, SH, MH
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab pidana, perkosaan, anak di bawah umur.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 07 Dec 2021 04:31
Last Modified: 07 Dec 2021 04:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19144

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.