ANALISIS EKONOMI DAMPAK KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN BAGI MASYARAKAT (STUDI KASUS DESA MUARA MERANG KECAMATAN BAYUNG LENCIR KABUPATEN MUSI BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN)

M. Aulia Rizky, 452016008 (2021) ANALISIS EKONOMI DAMPAK KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN BAGI MASYARAKAT (STUDI KASUS DESA MUARA MERANG KECAMATAN BAYUNG LENCIR KABUPATEN MUSI BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452016008_BAB I _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
452016008_BAB II_ SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)

Abstract

ABSTRAK M. AULIA RIZKY. Analisis Biaya Pendapatan Dan Pengeluaran Rumah Tangga Akibat Kebakaran Hutan Di Desa Muara Merang Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan (Studi Kasus Pendapatan Petani Di Desa Muara Merang) (dibimbing oleh ASVIC HELIDA dan SYAFRUL YUNANDRY). Penelitian ini bertujuan menganalisis pendapatan petani di Desa Muara Merang sebelum dan pasca kebakaran hutan tahun 2019, menganalisis biaya pengeluaran rumah tangga petani di Desa Muara Merang sebelum dan pasca kebakaran hutan tahun 2019 dan menganalisis sektor yang terdampak langsung dengan pendapatan dan biaya rumah tangga petani pasca kebakaran hutan tahun 2019 di Desa Muara Merang. Penelitian ini dilakukan di Desa Muara Merang Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin. Waktu pelaksanaan penelitian dimulai bulan Desember 2020 sampai dengan bulan Januari 2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus (case study) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Proportional Stratified Random Sampling. Penarikan contoh untuk responden dilakukan dengan penyebaran kuisioner kepada masyarakat di Desa Muara Merang sebanyak 45 orang dengan 15 orang pada masing-masing dusun (Dusun Bakung, Dusun Tebing Harapan dan Dusun Pancuran). Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif secara tabulasi dan persentase serta analisis dengan Skala Likert. Pendapatan responden di Desa Muara Merang Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin mengalami penurunan pasca kebakaran hutan tahun 2019. Persentase penurunan pendapatan responden di Dusun Bakung sebesar 11,02%, Dusun Tebing Harapan sebesar 9,63% dan di Dusun Pancuran sebesar 26,12%. Pengeluaran rumah tangga responden di Desa Muara Merang Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin mengalami peningkatan pasca kebakaran hutan tahun 2019. Persentase peningkatan pengeluaran rumah tangga responden di Dusun Bakung 1sebesar 2,86%, Dusun Tebing Harapan sebesar 3,57% dan di Dusun Pancuran sebesar 21,16% dan Sektor yang terdampak langsung dengan pendapatan dan biaya rumah tangga responden pasca kebakaran hutan tahun 2019 di Desa Muara Merang Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin adalah sektor pertanian, sektor ekonomi, sektor pendidikan dan sektor kesehatan sebesar 68,44%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Asvic Helida S.Hut., M.Sc 2. Dr. Syafrul Yunardy S.Hut., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Ekonomi kebakaran dan Masyarakat
Subjects: Kehutanan > Kebakaran Hutan dan Lahan
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 27 Nov 2021 03:14
Last Modified: 27 Nov 2021 03:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19133

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.