PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA BAGI PETUGAS LEMBAGA PEMASYARAKATAN YANG MELEPASKAN NARAPIDANA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA

M REZA PAKIS SANJAYA, NIM. 502016315 (2021) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA BAGI PETUGAS LEMBAGA PEMASYARAKATAN YANG MELEPASKAN NARAPIDANA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502016315_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502016315_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)

Abstract

ABSTRAK PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA BAGI PETUGAS LEMBAGA PEMASYARAKATAN YANG MELEPASKAN NARAPIDANA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA Oleh M REZA PAKIS SANJAYA Yang menjadi permasalahan dalam skrpsi ini adalah, Bagai mana pertanggungjawaban pidana bagi petugas lembaga pemasyarakatn yang melepaskan narapidana? Bagaimana upaya penaggulangan bagi petugaslembaga pemasyarakatan yang melepaskan narapidana? Dan sesuai dengan ruanglingkup pemaslahan dalam penelitian ini adalah dititik beratkan pada pertanggungjawaban pidana bagi petugas lembaga pemasyarakatan yang melepaskan narapidana dan upaya upaya dalam penaggulangannya dan membahas hal hal lain yang bersangkutan dengan permasalahan skrpsi ini. Berdasarkan penelusuran yang berkaitan dengan permasalahan diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa pertanggungjawaban pidana bagi petugas lembaga pemasyarakatan yang melepaskan narapidana. Pelaku dijerat dengan hukuman pidana.Penjara, sesuai dengan pasal 426 ayat I KUHP Karena sengaja melepaskan narapidana dan pasal 266 ayat I KUHP karena sengaja memalsukan persyaratan untuk mendapatkan penghargaan dari lembaga pemasyarakatan. Kurungan, berdasarkan pasal 426 ayat 2 KUHP karena lalainya petugas atau disengajanya narapidana untukmelarikan diri. Denda, sebagai hukuman penganti hukuman kurungan yang dijelaskan dalam pasal 426 ayat 2 KUHP . Hukuman tambahan berupa pencabutan hak hak tertentu dijatuhkan atas dasar pemalsuaan surat sebagai syarat untuk mendapatkan penghargaan dari lembaga pemasyarakatan dan juga hukuman dari sangsi sebagai pegawai negri sipil. Dan juga upaya penaggulangan bagi petugas lembaga pemasyarakatan yang melepaskan narapidana.Meningkatkan sikap disiplin dan tanggung jawab sebagai seseorang petugaslembaga pemasyarakatan.Penerapan hukuman dan sangsi disiplin yang tegas kepada sesorang petugas lembaga pemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Mulayadi Tanzili, SH., MH. Pembimbing 2 : Susiana Kifli, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: PERTANGGUNGJAWABAN MELEPASKAN NARAPIDANA
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 10 Nov 2021 06:12
Last Modified: 10 Nov 2021 06:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19055

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.