RANCANG BANGUN INVERTER PURE SINE WAVE DENGAN DAYA 400 WATT

Theo Septiansyah, 132016041 (2021) RANCANG BANGUN INVERTER PURE SINE WAVE DENGAN DAYA 400 WATT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016041_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (794kB) | Preview
[img] Text
132016041_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)

Abstract

Inverter adalah sebuah perangkat yang dapat mengubah masukan berupa tegangan dan arus DC ( direct current ) menjadi keluaran berupa tegangan dan arus AC ( alternating current ) , dimana perangkat ini biasa digunakan dalam sistem pembangkit listrik tenaga baterai. Didalam pembangkit listrik berdaya baterai tentu saja tidak terlepas dari sistem konversi energi listrik dimana kemampuan perangkat konversi bisa berjalan sesusai dengan keinginan kita,dengan rugi rugi daya yang kecil sehinga bisa lebih efisien dan efektif didalam operasionalnya. Ada beberapa jenis inverter yang biasa digunakan didalam pembangkitan listrik tenaga baterai yaitu tipe modified sine wave ( gelombang sinus yang dimodifikasi ) dan tipe pure sine wave ( gelombang sinus murni ) dimana kedua tipe ini dibedakan dari output gelombangnya, jenis inverter tipe Pure Sine Wave (sinus murni) adalah tipe inverter yang paling baik didalam sistem pembangkitan listrik dengan mengunakan inverter hal ini disebabkan karena gelombang outputnya sudah seperti gelombang output yang dibangkitkan oleh generator PLN. Pengunaan inverter sebaiknya tidak melebihi daya maksimal dari inverter tersebut karena dapat menyebabkan panas yang berlebih dari final mosfet inverter tersebut dan dapat menyebabkan kerusakan yang fatal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. DR. Ir. Cekmas Cekdin, M.T 2. Rika Noverianty, S.T, M.T
Uncontrolled Keywords: Arus, akumulator, beban, lup terbuka
Subjects: Elektro > Elektronika
Fisika
Elektro > Fisika Terapan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 06 Nov 2021 05:58
Last Modified: 06 Nov 2021 05:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19035

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.