EKSAMINASI PUTUSAN PENGADILAN NOMOR 369/PID.SUS/2019/PN.KAG ATAS PERKARA TINDAK PIDANA KEPEMILIKAN NARKOTIKA

JEKICEN, NIM. 91219052 (2021) EKSAMINASI PUTUSAN PENGADILAN NOMOR 369/PID.SUS/2019/PN.KAG ATAS PERKARA TINDAK PIDANA KEPEMILIKAN NARKOTIKA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91219052_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (936kB) | Preview
[img] Text
91219052_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)

Abstract

ABSTRAK EKSAMINASI PUTUSAN PENGADILAN NOMOR 369/PID.SUS/2019/PN.KAG ATAS PERKARA TINDAK PIDANA KEPEMILIKAN NARKOTIKA Oleh JEKICEN Latar belakang dalam penelitian ini adalah Pelanggaran terhadap tindak pidana narkoba terhadap peraturan itu diancam dengan pidana yang tinggi dan berat dengan dimungkinkannya terdakwa divonis maksimal yakni dengan pidana mati selain pidana penjara dan pidana denda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 2) Bagaimanakah eksaminasi putusan pengadilan nomor 369/Pid.Sus/2019/ PN.Kag Atas Perkara tindak pidana Kepemilikan Narkotika? ; 2) Apakah putusan Majelis Hakim dan tuntutan yang diajukan oleh Jaksa Penuntut dalam perkara putusan nomor 369/Pid.Sus/2019/PN.Kag sesuai dengan aturan hukum yang berlaku ditinjau dari segi yuridis?. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Yuridis Normatif dengan penelitian kepustakaan dengan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Eksaminasi Putusan Pengadilan Nomor 369/Pid.Sus/2019/Pn.Kag atas perkara tindak pidana kepemilikan narkotika meskipun dinyatakan bersalah namun ada sejumlah kelemahan dalam putusan tersebut yang menyebabkan terdakwa tidak dihukum dengan hukuman yang setimpal dan proporsional. Hakim dengan memperhatikan tuntutan, dakwaan jaksa penuntut umum, jaksa Penuntut Umum terhadap terdakwa dikenakan Pasal 113 Ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun dan pidana denda maksimum, alat bukti dan fakta yang terungkap dipersidangan sebagaimana teori putusan hakim ratio decidendi, namun dinilai kurang adil berdasarkan teori keadilan Hans Kelsen dan legalitas dibawah payung hukum (law unbrella) seharusnya terdakwa dipidana mati, seumur hidup karena Majelis Hakim dalam menjatuhkan hukuman didasarkan pada pertimbangan yang kurang mendalam, dimana majelis Hakim memutus hukuman 20 tahun penjara, yang seharusnya hukuman seumur hidup atau hukuman mati karena dampak yang ditimbulkannya merusak generasi penerus bangsa. dan 2) Putusan majelis hakim dan tuntutan yang diajukan oleh jaksa penuntut dalam perkara putusan nomor 368/Pid.Sus/2019/Pn.Kag telah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku ditinjau dari segi yuridis berdasarkan teori tujuan pemidanaan yakni teori relatif bertujuan agar dasar hukum pidana dalam menyelanggarakan tertib masyarakat dan akibatnya yaitu tujuan untuk prevensi terjadinya kejahatan. Kata Kunci: eksaminasi, putusan pengadilan, Perkara, tindak pidana

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Hj. Sri Sulastri, SH., MH 2. Dr. Muhammad Yahya Selma, SH.,MH
Uncontrolled Keywords: eksaminasi, putusan pengadilan, Perkara, tindak pidana
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 06 Nov 2021 05:05
Last Modified: 06 Nov 2021 05:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19032

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.