VARIASI KOAGULAN TERHADAP PENGOLAHAN AIR SUNGAI KOMERING PADA SAAT PASANG

M. CHOIRUL RIZAL, NIM. 122018039P (2021) VARIASI KOAGULAN TERHADAP PENGOLAHAN AIR SUNGAI KOMERING PADA SAAT PASANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122018039P_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
122018039P_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)

Abstract

Kebutuhan air bersih yang terus meningkat namun ketersediaan air bersih yang menipis membuat manusia harus lebih efektif lagi dalam pengolaan air bersih. Oleh karena itu dibutuhkannya pengolahan air yang tepat, seperti pemilihan koagulan dan dosis koagulan yang tepat. Penelitan ini menggunakan Alumunium Sulfat, PolyAlumunium Sulfat dan Ferric Chloride sebagai koagulan dalam proses penjernihan air. Proses pengolahan air ini dilakukan dengan menggunakan proses koagulasi pada air Sungai Komering di Kabupaten Banyuasin. Proses koagulasi yang akan dilakukan ini menggunakan koagulan dengan dosis (30, 55 dan 70 ppm) kemudian dengan pengadukan (50 dan 150 RPM). Penelitian ini membahas penentuan jenis koagulan yang terbaik dan menentukan dosis optimum, dengan parameter yang diamati adalah pH, Turbidity dan Total Disolved Solid (TDS) dari air sungai. Koagulan Alumunium Sulfat merupakan koagulan yang bagus dalam penurunan turbidity dan memiliki biaya yang lebih ekonomis dalam penggunaan skala besar. Dari penelitian ini didapatkan koagulan yang terbaik dan dosis yang digunakan, yaitu pada PolyAlumunium Chloride dengan dosis 30 ppm, kecepatan pengadukan 50 RPM, dimana nilai Turbidity 20,28 NTU, pH larutan 6,4, dan TDS 46 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Ir. Ani Melani, S.T., M.T. 2. Ir. Legiso, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Air Sungai, Alumunium Sulfat, PolyAlumunium Sulfat (PAC), Ferric Chloride, Koagulan, Dosis Optimum
Subjects: Kimia > Pabrik Kimia
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 04 Nov 2021 06:11
Last Modified: 04 Nov 2021 06:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19020

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.