HUBUNGAN ANTARA RAHASIA DAGANG DENGAN HAK KONSUMEN UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI

TEGUH RIZAL RETOB, NIM. 502017114 (2021) HUBUNGAN ANTARA RAHASIA DAGANG DENGAN HAK KONSUMEN UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017114_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017114_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)

Abstract

Ketika kita berbicara mengenai rahasia dagang, dimana syarat mutlaknya terletak pada nilai komersial informasi itu sendiri, maka selain disatu sisi kita berbicara mengenai persaingan antara pelaku usaha, disisi lain juga berbicara mengenai hubungan/kaitan antara rahasia dagang dengan perlindungan konsumen, yaitu mengenai hak konsumen atas informasi. Untuk mengetahui dan menjelaskan hubungan antara rahasia dagang dengan hak konsumen untuk memperoleh informasi, dan juga untuk mengetahui dan memahami informasi yang dapat dikategorikan sebagai rahasia dagang. Berdasarkan hasil penelitian dipahami hubungan antara rahasia dagang dengan hak konsumen untuk memperoleh informasi adalah: karena untuk mengungkapkan informasi rahasia dagang juga perlu dilihat sejauh mana kepentingan konsumen dilanggar oleh palku usaha, apakah telah membahayakan keselamatan masyarakat. Pasal 5 Undang-undang Rahasia Dagang menyebutkan bahwa; perbuatan yang tidak dianggap sebagai pelanggaran rahasia dagang adalah apabila tindakan pengungkapan rahasia dagang didasarkan kepada kepentingan pertahanan keamanan, kesehatan dan keselamatan masyarakat. Dengan adanya ketentuan tersebut berarti keharusan pengungkapan rahasia dagang bukanlah pelanggaran rahasia dagang Informasi yang dapat dikategorikan sebagai rahasia dagang adalah: (Informasi yang tidak diketahui oleh kalangan umum, (b) informasi di bidang teknologi dan/atau bisnis, (c) informasi yang memiliki nilai ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Nur Husni Emilson, SH., Sp.N., MH 2. Mona Wulandari, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Hubungan rahasia dagang dengan hak konsumen atas informasi
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:35
Last Modified: 04 Nov 2021 04:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/19013

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.