Peranan Mayor Jenderal TNI (Purn) Raden Mohamad Mangoendiprodjo Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Surabaya Tahun 1945-1949

REHARDINI DWI ARDIANTI, NIM. 352017007 (2021) Peranan Mayor Jenderal TNI (Purn) Raden Mohamad Mangoendiprodjo Dalam Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Surabaya Tahun 1945-1949. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
352017007_ BAB I _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text
352017007_BAB II_SAMPAI TERAKHIR .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)

Abstract

ABSTRAK Ardianti, Rehardini Dwi. 2021. Peranan Mayor Jenderal TNI (PURN) Raden Mohamad Mangoendiprodjo dalam Mempertahakan Kemerdekaan Indonesia di Surabaya Pada Tahun 1945-1949.Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah. Program Sarjana (SI).Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Dra.Nurhayati Dina ,M.Pd (2) Dr. Apriana, M.Hum. Kata Kunci: Mayor Jenderal TNI (PURN), Raden Mohamad Mangoendiprodjo, Mempertahankan, Surabaya Kajian penelitian ini memfokuskan kondisi Indonesia pada saat mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Rumusan Masalah yang penulis bahas (1) Apa yang melatarbelakangi Mayor Jenderal TNI (Purn) Raden Mohamad Mangoendiprodjo ikut terlibat dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Surabaya pada tahun 1945-1949 (2) Bagaimana kondisi kehidupan masyarakat Surabaya pada saat terjadinya Revolusi Fisik pada tahun 1945-1949 (3) Bagaimana peranan Mayor Jenderal Tni (Purn) Raden Mohamad Mangoendiprodjo dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Surabaya tahun 1945-1949 (4) Bagaimana dampak peranan Mayor Jenderal Tni (Purn) Raden Mohamad Mangoendiprodjo dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Surabaya tahun 1945-1949. Metode yang penulis gunakan adalah metode historis. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka (Library Research). Penulis juga mengunakan Pendekatan Geografi, Politik, sosial budaya, militer, agama dan ekonomi. Hasil Penelitian menyatakan bahwa:1) Latar Belakang Raden Mohamad mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Surabaya adalah kecintaan beliau pada negara dan nasionalis yang tinggi pada diri R Mohamad. 2) Kondisi kehidupan politik, sosial dan budaya masyarakat Surabaya tahun 1945-1949 politik masih ada gangguan dari NICA dan AFNEI, ekonomi Surabaya pada tahun 1945 masih tidak stabil karena dilanda inflansi dan penyebaran mata uang asing yang belum terkendali, sosial budaya masyarakat hidup rukun dan saling berdamping dengan etnis Thionghoa 3)Peranan dari R Mohamad dalam mempertahankan kemerdekaan: R Mohamad ikut berperan dalam pembentukan BadanKeamanan Rakyat, R Mohamad berperan mengambil bagian senjata Jepang di gudangsenjata Don Bosco tahun 1945 di Surabaya, R Mohamad ikut berperan dalam operasi pengambil dana di Bank Escompto di Surabaya, dan terlibat dalam pertempuran 10 November 4)Dampak dari peranan R Mohamad dalam mempertahankan kemerdekaan di Surabaya dapat membentuk BKR, mendapat sejata dan dana untuk perang dan terbebas dari penjajahan dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh rakyat Surabayadan Nusantara ditanadi dengan Belanda resmi mengakui kedaulatan bangsa Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949. Saran Bagi generasi penerus, hendaknya terus berupaya menjaga, meningkatkan dan mengisi kemerdekaan Indonesia supaya bangsa dan negara Indonesia tidak lagi dijajah oleh bangsa asing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1 Dra.Nurhayati Dina, M.Pd. 2 Dr. Apriana, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Mayor Jenderal TNI (PURN), Raden Mohamad Mangoendiprodjo, Mempertahankan, Surabaya
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:35
Last Modified: 01 Nov 2021 04:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18989

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.