Nilai-Nilai Filosofi Yang Terkandung Dalam Tradisi 1 Muharram Di Desa Daya Makmur Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin tahun (1981-2020)

Novita Sari Anjar Sari Astuti, NIM. 352017008 (2021) Nilai-Nilai Filosofi Yang Terkandung Dalam Tradisi 1 Muharram Di Desa Daya Makmur Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin tahun (1981-2020). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
352017008_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
352017008_BAB II_SAMPAI_BAB TERAHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Astuti, Novita Sari Anjar Sari. 2021. Nilai-nilai Filosofi yang Terkandung Dalam Tradisi 1 Muharram di Desa Daya Makmur Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin (1981-2020). Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah. Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: Pembimbing (1) Heryati, S.Pd., M.Hum (2) Yuliarni, S.Pd., M.Hum. Kata Kunci : Nilai-nilai Filosofi, Tradisi 1 Muharram Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Nilai-nilai Filosofi yang Terkandung Dalam Tradisi 1 Muharram di Desa Daya Makmur Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin (1981-2020). Rumusan Masalah (1) Latar belakang timbulnya tradisi 1 Muharram di Desa Daya Makmur, (2) Prosesi pelaksanaan upacara tradisi 1 Muharram di Desa Daya Makmur, (3) Nilai-nilai Filosofi yang terkandung dalam tradisi 1 Muharram di Desa Daya Makmur. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian sejarah atau historis dan metode survei. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dan mengunakan pendekatan penelitian meliputi pendekatan geografi, pendekatan sosiologi, pendekatan ekonomi, pendekatan antropologi budaya dan pendekatan agama. Kesimpulan (1) Latar belakang munculnya tradisi 1 Muharram di Desa Daya Makmur adalah adanya keinginan masyarakat transmigran dari Jawa yang menetap di Desa Daya Makmur untuk terus melestarikan budaya mereka dari tempat asal. (2) Prosesi tradisi 1 Muharram di Desa Daya Makmur Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin terdiri dari tiga tahapan. Pertama, menentukan waktu dan tempat pelaksanaan 1 Muharram, kedua proses perayaan pada siang hari, dan ketiga prosesi doa bersama pada malam hari. (3) Terdapat Nilai –nilai filosofi yang terkandung dalam Tradisi 1 Muharram di Desa Daya Makmur Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin. Nilai tersebut ialah nilai agama, nilai sosial, nilai Moral dan nilai budaya. Saran bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat lebih mengembangkan lagi mengenai Tradisi 1 Muharram pada bagian yang lain. Karena penulis hanya menitik beratkan penelitian ini pada Nilai-nilai Filosofi yang terkandung dalam Tradisi 1 Muharram, maka ada baiknya peneliti selanjutnya dapat mengkaji tentang Perkembangan Terkini Tradisi 1 Muharram di Desa Daya Makmur Kecamatan Muara Padang Kabupaten Banyuasin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Heryati, S.Pd., M.Hum 2. Yuliarni, S.Pd., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Filosofi, Tradisi 1 Muharram
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:38
Last Modified: 01 Nov 2021 04:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18988

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.