PEMANFAATAN LIMBAH LUMPUR PDAM TIRTA MUSI PALEMBANG SEBAGAI ADSORBEN ION Pb(II)

Muhammad Rafiqy, NIM. 122018043P (2021) PEMANFAATAN LIMBAH LUMPUR PDAM TIRTA MUSI PALEMBANG SEBAGAI ADSORBEN ION Pb(II). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122018043P_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
122018043P_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan industri menimbulkan dampak sampingan berupa buangan atau limbah industri yang akan menyebabkan pencemaran lingkungan. Salah satu zat buangan industri yang dapat menyebabkan pencemaran adalah logam berat yaitu timbal (Pb). Adsorpsi adalah salah satu metode yang sangat efektif dan sederhana untuk mengolah air baku dan air limbah. Komposisi material yang dapat dijadikan adsorben antara lain yang mengandung karbon, alumunium, atau silikat. Faktor yang mempengaruhi proses adsorpsi adalah pH dan waktu kontak. Untuk memperbesar pori-pori, adsorben akan diaktifkan menggunakan larutan KOH 2 M dengan adsorben terpilih yaitu lumpur limbah PDAM Tirta Musi Palembang. Kadungan pb setelah proses adsorbs diuji menggunakan Atomic Absorption Spectrometry (AAS). Kapasitas penyerapan terbesar adsorben lumpur aktif tersebut terjadi pH 4 dengan nilai Qe 23,22 mg/g dan waktu kontak selama 50 menit dengan nilai Qe 75,12 mg/g. kata kunci: Adsorpsi, Lumpur aktif, Ion Pb (II)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Netty Herawati, S.T, M.T 2. Heni Juniar ,S.T.M.T
Uncontrolled Keywords: Adsorpsi, Lumpur aktif, Ion Pb (II)
Subjects: Kimia > Teknologi Bahan Kimia Industri
Kimia > Teknologi Kimia
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 26 Oct 2021 01:08
Last Modified: 26 Oct 2021 01:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18930

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.