TANGGUNG JAWAB NOTARIS SECARA PERDATA TERHADAP KEBENARAN MATERIIL AKTA YANG DIBUATNYA

FAJAR RIZKI HAMZAH, NIM. 502017190 (2021) TANGGUNG JAWAB NOTARIS SECARA PERDATA TERHADAP KEBENARAN MATERIIL AKTA YANG DIBUATNYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017190_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017190_BAB 2_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)

Abstract

ABSTRAK TANGGUNG JAWAB NOTARIS SECARA PERDATA TERHADAP KEBENARAN MATERIIL AKTA YANG DIBUATNYA Oleh : FAJAR RIZKI HAMZAH 502017190 Notaris adalah pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik mengenai semua perbuatan,perjanjian dan penetapan yang diharuskan oleh peraturan umum dan wewenang lainnya sebagaimana dimaksud dalam undang-undang. Tanggung jawab yang dimiliki oleh Notaris menganut prinsip tanggung jawab berdasarkan kesalahan (based on fault of liability), dalam pembuatan akta otentik, Notaris harus bertanggung jawab apabila atas akta yang dibuatnya terdapat kesalahan atau pelanggaran yang disengaja oleh Notaris. Sebaliknya apabila unsur kesalahan atau pelanggaran itu terjadi dari para pihak penghadap, maka sepanjang Notaris melaksanakan kewenangan sesuai peraturan. Notaris bersangkutan tidak dapat diminta pertanggung jawabannya, karena Notaris hanya mencatat apa yang disampaikan oleh para pihak untuk dituangkan kedalam akta. Keterangan palsu yang disampaikan oleh para pihak Konsep pertanggung jawaban ini apabila dikaitkan dengan profesi notaris, maka notaris dapat dipertanggung jawabkan atas kesalahan dan kelalaiannya dalam pelaksanaan tugas dan jabatannya. Notaris tidak bertanggung jawab atas isi akta yang dibuat di hadapannya, melainkan notaris hanya bertanggung jawab terhadap bentuk formal akta otentik sebagaimana yang ditetapkan oleh Undang-undang. Pertanggung jawaban Notaris secara perdata terhadap akta-akta yang dibuatnya, dapat dikatakan bahwa akta yang dibuat oleh Notaris berkaitan dengan masalah keperdataan yaitu mengenai perikatan yang dibuat oleh dua pihak atau lebih meskipun memungkinkan dibuat secara sepihak (sifat hanya menguatkan). Kata Kunci : Tanggung Jawab, Notaris, Akta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. Saifullah Basri, S.H., M.H 2. Burhanuddin, S.H., M.H
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tanggung Jawab, Notaris, Akta
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 23 Oct 2021 04:12
Last Modified: 23 Oct 2021 04:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18918

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.