DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENENTUKAN PIDANA BERSYARAT TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN PENCURIAN DI TEMPAT UMUM

ACHMAD DERRY HANDOKO, NIM. 502014316 (2021) DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENENTUKAN PIDANA BERSYARAT TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN PENCURIAN DI TEMPAT UMUM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502014316_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502014316_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENENTUKAN PIDANA BERSYARAT TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN PENCURIAN DI TEMPAT UMUM Oleh Achmad Derry Handoko Selaras dengan ruang lingkup dan tujuan penelitian tersebut, penelitian ini Sejalan dengan ruang lingkup dan tujuan maka penelitian terhadap permasalahan di atas termasuk penelitian hukum normatif yang didukung data empiris, yang bersifat deskriptif analitis. Yakni penelitian yang menggambarkan informasi yang berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh di lapangan. Teknik pengumpulan data sekunder dititikberatkan pada penelitian kepustakaan dan lapangan, yakni melakukan penelitian langsung ke Pengadilan Negeri Palembang untuk memperoleh data primer yaitu dengan cara mewawancarai Hakim Pengadilan Negeri Palembang yang menangani perkara Anak serta mengkaji bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang relevan dengan permasalahan skripsi. Analisa data dipergunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu menguraikan gambaran dan data yang diperoleh kemudian diolah dengan cara data diseleksi, diklarifikasi secara sistematis, logis, yuridis, guna mendapatkan gambaran umum untuk mendukung materi penelitian dan menghubungkannya satu sama lain untuk mendapatkan kesimpulan yang menjadi dasar pertimbangan hakim dalam menentukan pidana bersyarat terhadap anak yang melakukan pencurian yaitu Laporan penelitian kemasyarakatan dan pembimbing kemasyarakatan mengenai anak yang bersangkutan, yang berisikan data individu anak, keluarga, pendidik, dan kehidupan sosial; serta kesimpulan atau pendapat dan pembimbing kemasyarakatan dan Sebelum melakukan tindak pidana tersebut terdakwa belum pernah melakukan tindak pidana yang lain dan selalu taat pada hukum yang berlaku. Kata Kunci: Anak, Pencurian, dan Pidana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Luil Maknun, SH., MH. Pembimbing II: Eni Suarti, SH., M.H.
Uncontrolled Keywords: Anak, Pencurian, dan Pidana
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 15 Oct 2021 02:48
Last Modified: 15 Oct 2021 02:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18897

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.