ANALISIS SISTEM BAGI HASIL ANTARA PEMILIK DAN PENGGARAP KARET DI KECAMATAN MADANG SUKU II KABUPATEN OKU Timur

Rahmat Sobari, NIM. 642017007 (2021) ANALISIS SISTEM BAGI HASIL ANTARA PEMILIK DAN PENGGARAP KARET DI KECAMATAN MADANG SUKU II KABUPATEN OKU Timur. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB 1_DAFTAR PUSTAKA_RAHMAT SOBARI_642017007.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II_SAMPAI TERAKHIR_RAHMAT SOBARI_642017007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bagi hasil merupakan suatu bentuk skema pembiayaan alternatif, yang memiliki karakteristik yang sangat berbeda dibandingkan bunga. Sesuai dengan namanya, skema ini berupa pembagian atas hasil usaha yang dibiayai dengan kredit/pembiayaan. Bagi hasil yang digunakan masyarakat desa Rasuam Baru belum sepenuhnya ekonomi Islam. Harapan dari penulis, pemilik, dan penggarap di desa Rasuan Baru. Agar bisa lebih baik lagi dalam pembagian hasil dan sesuai dengan Ekonomi Islam. Dalam bagi hasil penggarap dan petani karet di kecamatan Madang Suku II kabupaten OKU Timur sudah sesuai dengan prespektif Islam . Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah bersifat kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer yaitu sumber yang langsung diperoleh dari responden melalui wawancara dengan beberapa petani dan penggarap karet di desa Rasuan Baru, dan juga sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku-buku, jurnal dan kepustakaan lainnya. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa, praktek bagi hasil karet yang ada di Desa Rasuan Baru kecamatan Madang Suku II kabupaten OKU Timur. Dalam prakteknya, Sistem bagi hasil karet yang di lakukan oleh masyarakat desa Rasuan Baru tersebut semuanya telah sesuai dengan sistem bagi hasil pertanian dalam ekonomi Islam yang tergolong ke pada muzara’ah dan musaqah, kecuali pada sistem bagian batang yang mana harus di lihat dulu dari tujuan dan sebab pemotongan dari hasil serta akad dilakukan sebelum pembagian. Kata kunci: Bagi Hasil, karet, dan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Mustofa, S.Ag.,M.Pd.I. 2. Hendri Nur Alam, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bagi Hasil, karet, dan Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:15
Last Modified: 14 Oct 2021 06:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18895

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.