ANALISIS KINERJA SISTEM PENTANAHAN PADA AREA JARINGAN GARDU INDUK 150 KV KERAMASAN PT.PLN (PERSERO) UIP3BS UPT PALEMBANG ULTG KERAMASAN

Melati Ady Hardiyanti, 132017071 (2021) ANALISIS KINERJA SISTEM PENTANAHAN PADA AREA JARINGAN GARDU INDUK 150 KV KERAMASAN PT.PLN (PERSERO) UIP3BS UPT PALEMBANG ULTG KERAMASAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017071_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132017071_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Gardu Induk memiliki fungsi mentransformasikan tenaga listrik dari tegangan tinggi ke tegangan menengah maupun sebagai pengaturan daya ke gardu-gardu lainnya. Agar fungsi dari gardu induk tersebut dapat bekerja dengan baik dan andal, maka diperlukannya sistem pentanahan. Sistem pentanahan menjadi bagian yang sangat penting pada gardu induk, karena berfungsi mengetanahkan muatan tegangan maupun arus lebih ketika terjadi gangguan. Sistem pentanahan haruslah bekerja dengan baik dan sesuai dengan persyaratan sistem tegangan, karena apabila sistem pentanahan tidak sesuai, maka hal tersebut akan mengakibatkan terganggunya pengoperasian peralatan maupun keamanan operator yang berada pada gardu induk tersebut. Oleh sebab itu, perlu dilakukannya analisis dan evaluasi sistem pentanahan. Pentanahan yang digunakan Gardu Induk 150 kV Keramasan menggunakan konstruksi mesh atau grid. Dalam menganalisis dan mengevaluasi sistem pentanahan digunakan metode penelitian dengan acuan perhitungan IEEE Std 80-2000 menggunakan software Matlab R2013a serta untuk desain dan simulasi menggunakan software ETAP 12.6.0. Penelitian juga dilakukan di lapangan dengan mengukur resistansi pentanahan peralatan pada area jaringan Gardu Induk 150 kV Keramasan. Hasil penelitian dengan perhitungan menggunakan software Matlab diperoleh nilai resistansinya sebesar 0,539 Ω, dan hasil pengukuran diperoleh selisih yang cukup signifikan. Namun nilai resistansi dari hasil perhitungan maupun pengukuran tersebut masih aman dan sesuai IEEE. Secara keseluruhan untuk sistem pentanahan pada area jaringan Gardu Induk 150 kV Keramasan juga telah sesuai IEEE Std 80-2000 dan bekerja dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Taufik Barlian,S.T.,M.Eng 2.Wiwin.A.Oktaviani,S.T.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Gardu Induk, Sistem Pentanahan, Software Matlab, IEEE Std 80-2000, ETAP 12.6.0.
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Elektro > Transmisi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Oct 2021 02:15
Last Modified: 09 Oct 2021 02:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18853

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.