PERENCANAAN DAN ANALISIS EKONOMI PENGGUNAAN PANEL SURYA SEBAGAI SUMBER TENAGA UNTUK POMPA AIR TANAH DI DESA PANDAN ARANG

YAHYA SURAHMAN, 132017156 (2021) PERENCANAAN DAN ANALISIS EKONOMI PENGGUNAAN PANEL SURYA SEBAGAI SUMBER TENAGA UNTUK POMPA AIR TANAH DI DESA PANDAN ARANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017156 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text
132017156 BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

ABSTRAK Energi panas matahari sangat melimpah di daerah yang memiliki iklim tropis seperti di Indonesia yang selalu disinari matahari sepanjang tahun. satu contoh dari pemanfaatan energi matahari tersebut adalah untuk menghasilkan energi listrik yang sering disebut dan lebih dikenal oleh masyarakat yaitu solar cell. Tujuan penelitian adalah menghitung Rancangan Anggaran Biaya yang telah dirancang pada proyek PLTS didesa pandan arang, dan juga membandingkan biaya investasi menggunakan PLTS dan PLN. Harapan dari hasil penelitian ini dapat mengetahui kelayakan dalam proses pembangunan proyek sistem jaringan irigasi air dengan menggunakan tenaga matahari sebagai sumber energi dan juga menggunakan sumber listrik dari PLN. selama 20 tahun kedepan dengan menggunakan metode analisis Benefit Cost Ratio (BCR). 1. Berdasarkan analisa benefit cost ratio yang lakukan pada pembangunan proyek ini adalah proyek ini dinyatakan layak dan menguntungkan bagi masyarakat karena nilai benefit cost rationya lebih dari 1 >.2. Total keseluruhan dari biaya investasi yang dikleuarkan pada proyek ini adalah sebesar Rp.28.841.073. 3. Perbandingan biaya investasi PLTS dan PLN adalah PLTS masih sangat ekonomis dan murah dibandingkan dengan tarif yang ditetapkan oleh PLN. Biaya yang dikeluarkan untuk investasi PLTS selama 20 tahun adalah sebesar Rp.34.609.287 sedangkan menggunakan tarif dasar PLN biaya yang harus dikeluarkan selama 20 tahun adalah sebesar Rp.73.872.000. Dengan rincian rata rata perbulan nya yaitu sebesar Rp.307.800.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Feby Ardianto, S.T., MCs 2. Bengawan Alfaresi, ST., MT., IPM
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Sollar cell , Benefit Cost Ratio (BCR) , PLN , PLTS
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 07 Oct 2021 01:10
Last Modified: 07 Oct 2021 01:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18792

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.