ANALISIS PENGGUNAAN MOTOR DC TERHADAP ARUS DAN TEGANGAN SUMBER LISTRIK AKUMULATOR YANG BEKERJA SECARA SIMULTAN DALAM PENGKOPELAN TERHADAP GENERATOR MAGNET

Wisnu Budi Aristian, 132017031 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN MOTOR DC TERHADAP ARUS DAN TEGANGAN SUMBER LISTRIK AKUMULATOR YANG BEKERJA SECARA SIMULTAN DALAM PENGKOPELAN TERHADAP GENERATOR MAGNET. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
132017031_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132017031_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)

Abstract

Motor DC sangat efisien karena menggunakan tegangan DC dari rotor untuk menggerakkan motor. Motor DC memiliki biaya perawatan yang tinggi. Tingginya biaya perawatan ini disebabkan penggunaan sikat untuk switching motor DC. Desain Penelitian dalam metode yang dilaksanakan berupa Analisa Arus dan Tegangan Motor DC Terhadap pemakaian sumber arus searah berupa Akumulator Bertegangan 12 Vdc. Hasil Pengukuran Pembangkit listrik Generator Menggunakan beban Variasi dimana hasil pengukuran inilah yang dibuat data tabel hasil uji coba motor tersebut, setelah didapat data dari hasil pengukuran tersebut akan dihitung pengukuran daya Motor DC dan effisiensi pemakaiannya terhadap pengkopelan pada generator. Motor DC yang digunakan sebagai alat penggerak mula Generator Magnet menggunakan sistem pengkopelan Pulley dan V – Belt. Tegangan input Motor DC berasal dari Akumulator 12 Vdc tersusun secara seri sebanyak 10 Unit menghasilkan tegangan supply Vout = 120 Vdc. Kemudian pada waktu motor dc menggerakan generator magnet pada beban lampu 35 Watt, maka tegangannya pun akan bertambah mulai minimum 60 V– 90 V sedangkan arus yang terukur pada saat motor bergerak disaat motor berbeban dari beban 35 W-350 W arus yang terukur bervariasi 8,0 A-8,7 A.Kecepatan Motor DC tersebut dapat dihasilkan sebesar 850 – 1354 Rpm tergantung tegangan supply yang masuk dari Akumulator tersebut. Arus yang diserap Motor DC berubah besarnya apabila sumber tegangan listriknya berubah, sehingga daya yang di butuhkan Motor DC secara Variabel berubah. Effisiensi daya Motor DC tersebut pada beban minimum sebesar 67,6 % dengan beban maksimum mencapai sebesar 60,7 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Ir. Cekmas Cekdin, M.T 2. Rika Noverianty, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Akumulator, Motor DC, Generator Motor Magnet, Beban
Subjects: Elektro > Elektromagnetik
Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Elektro > Teknik Listrik
Elektro > Transmisi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 05 Oct 2021 07:15
Last Modified: 05 Oct 2021 07:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18784

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.