RANCANG BANGUN SISTEM PENYIRAMAN OTOMATIS PADA BUDIDAYA JAMUR TIRAM MENGGUNAKAN SOLAR CELL

TRI DIAS MUHAMMAD FAJRI, NIM. 132017110 (2021) RANCANG BANGUN SISTEM PENYIRAMAN OTOMATIS PADA BUDIDAYA JAMUR TIRAM MENGGUNAKAN SOLAR CELL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017110_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (876kB) | Preview
[img] Text
132017110_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia pada saat ini banyak mengembangbiakan pertanian yang membudidayakan tanaman jamur khusus nya jamur tiram atau nama latin nya Pleurotus ostreatus. Hasil panen yang baik perlu sistem penyiraman secara berkala agar suhu ruangan di sekitar jamur sesuai dengan kondisi tumbuh kembang nya jamur. Untuk memenuhi kebutuhan sistem penyiraman di atas sangat baik jika di rancang alat penyiraman jamur secara otomatis sehingga suhu dalam lingkungan jamur dapat terjaga dengan stabil oleh karena itu dengan alat secara otomatis petani pembudidaya jamur tiram tidak perlu bolak-balik penyiraman, sebab secara otomatis alat penyiram tersebut akan menyiram secara tepat.Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem penyiraman jamur secara otomatis pada kumbung jamur tiram dengan menggunakan energi solar cell. Metodelogi yang dilakukan mulai dari proses perancangan dan pembuatan rancang bangun serta pengambilan data dan evaluasi. Hasil Percobaan yang didapatkan Alat yang sudah dirancang mampu mengatur suhu kumbung jamur agar kualitas jamur meningkat dan mengubah sistem penyiraman manual menjadi otomatis serta mengurangi resiko gagal panen jamur dan juga hasil dari perhitungan daya dengan beban variasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Sofiah, S.T., M.T 2. Erliza Yuniarti,S.T.,M.Eng
Uncontrolled Keywords: Solar Cell, Motor DC, Inverter, Sonoff
Subjects: Elektro > Elektromagnetik
Elektro > Optik Terapan dan Teknik Parafotik
Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 02 Oct 2021 02:57
Last Modified: 02 Oct 2021 02:57
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18704

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.