ANALISIS KERJA AUTOMATIC TRANSFER SWITCH PANEL SURYA DI LABORATORIUM FISIKA DAN ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

mahfud al iksan, NIM. 132017174 (2021) ANALISIS KERJA AUTOMATIC TRANSFER SWITCH PANEL SURYA DI LABORATORIUM FISIKA DAN ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
132017174_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (998kB) | Preview
[img] Text
132017174_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Panel surya merupakan sumber energi yang tidak terbatas dan tidak akan pernah habis ketersediaannya dan energi ini juga dapat di manfaatkan sebagai energi alternatif yang akan di ubah menjadi energi listrik, dengan menggunakan sel surya. Panel surya sebagai sumber energi listrik alternatif dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang memerlukan energi listrik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa sistem kerja Automatis Transfer Switch (ATS) menggunakan relay omron yang dikoneksikan dengan 2 (dua) sumber tegangan yaitu sumber PLN dan Panel surya. Automatic Transfer Swicth adalah saklar yang bekerja otomatis, kerja otomatisnya berdasarkan kemungkinan jika sumber listrik dari sumber PLN terputus atau mengalami pemadaman maka saklar akan berpindah ke panel surya misalnya adalah power inverter. Menggambarkan hal yang terkait dengan penelitian ini (1)Mulai studi literature (2)Desain rangkaian, (3)pengumpulan data dan bahan, uji coba rangkaian, (4)Pengambilan data, analisis data yang didapat, (5)Pembuatan laporan dan selesai merupakan tahap awal mencari, mengumpulkan data analisis masalah yang terjadi dari berbagai sumber terkait. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ATS adalah alat atau sistem otomatis yang berfungsi sebagai pemindah saluran daya listrik untuk menjaga keandalan sistem kelistrikan dimana saluran sumber PLN dan panel surya mampu melakukan swithing secara otomatis, waktu perpindahan saluran supplay ditentukan dari setting waktu pada rangkaian berdasarkan kinerja pada sistem jaringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing :1. Sofiah, S.T., M.T 2. Erliza Yuniarti, S.T., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Panel surya, ATS (Automatis Transfer Switch),sumber PLN.
Subjects: Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 01 Oct 2021 03:48
Last Modified: 01 Oct 2021 03:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18686

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.