EVALUASI PARAMETER LISTRIK PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ATAR BADAK 2000 WATT

CHANDRA WIJAYA, NIM. 132016168 (2021) EVALUASI PARAMETER LISTRIK PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ATAR BADAK 2000 WATT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
132016168_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (789kB) | Preview
[img] Text
132016168_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK EVALUASI PARAMETER LISTRIK PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ATAR BADAK 2000 WATT Chandra Wijaya* *Email: chndrwjy66@gmail.com Tenaga listrik merupakan salah satu jenis energi yang sangat diperlukan dalam pembangunan. Oleh karena itu dengan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan sekitar 7%-10% per tahun sampai tahun 2025, konsumsi listrik Indonesia akan meningkat dengan cepat. Salah satu bentuk aplikasi energi terbarukan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Sel surya juga tidak membutuhkan pergerakan mekanik seperti Rankine cycle atau Brayton cycle PLTS yang terdapat pada desa Atar Badak memiliki kapasitas sebesar 2000 Watt yang dimanfaatkan untuk sistem penerangan masyarakat. Penelitian ini difokuskan pada evaluasi parameter listrik PLTS Atar Badak dimulai dari panel sel surya hingga peralatan yang digunakan oleh konsumen. Adapun tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengevaluasi parameter listrik pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atar Badak 2000 Watt. Metode penelitian ini menggunakan 4 (empat) tahapan yaitu: studi literatur, pengambilan data, perhitungan dan analisis. Hasil dari evaluasi parameter PLTS Mandiri 2000 Watt sesuai dengan parameter kajian penelitian menunjukkan bahwa didapatkan arus dan tegangan keluaran panel tertinggi pada pukul 13:25 WIB dengan nilai arus 7,5 A sedangkan pada tegangan keluaran tertinggi pada pukul 13:00 WIB dengan nilai tegangan 22,4 V. Maka dapat kita simpulkan bahwa waktu yang efektiv terjadi pada siang hari ketika panjang gelombang dapat diserap oleh panel surya. Kata Kunci : PLTS, Beban yang di gunakan, Parameter Listrik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I Ir. Eliza, MT Pembimbing II M. Hurairah,ST.,MT
Uncontrolled Keywords: PLTS, Beban yang di gunakan, Parameter Listrik
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:20
Last Modified: 30 Sep 2021 03:20
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18658

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.