KEANEKARAGAMAN, KELIMPAHAN DAN DOMINANSI JENIS IKAN DI RAWA LEBAK KECAMATAN PAMPANGAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILR SUMATERA SELATAN

DUFI ANDI FRIYANSA, NIM. 442017010 (2021) KEANEKARAGAMAN, KELIMPAHAN DAN DOMINANSI JENIS IKAN DI RAWA LEBAK KECAMATAN PAMPANGAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILR SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universisat Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
442017010_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
442017010_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman, kelimpahan dan dominansi ikan dengan metode penangkapan menggunakan alat tangkap berupa jala dan empang (tuguk/lulung). Penelitian ini dilaksanakan di Rawa Lebak Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2021. Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan mengambil lima stasiun pengambilan sampel. Penentuan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik pengambilan Purposive sampling atau dilakukan secara sengaja dengan pengambilan sampel2 kali dalam dua bulanpada masing-masing stasiun.Dari hasil penelitian dengan menggunakan alat tangkap jala dan empang (lulung)menunjukkan bahwa pada perairan rawa lebak kelimpahan tertinggi terdapat pada sebagian besar merupakan ikan sungai dari famili Cyprinidae sebanyak 12 jenis sedangkan famili lain diwakili 1 atau 2 jenis saja. Sedangkan ikan yang dominan tertangkap adalah ikan terdapat 2 spesies ikan yakni ikan sepat mata merah (Trychogaster trichopterus) dan ikan sepat siam (Trychogaster trichopterus) yang terdapat pada stasiun 5. Indeks keanekaragaman (H’) rata-rata hasil tangkapan selama jangka waktu dua bulan dengan menggunakan jala dan empang (lulung)dengan nilai keanekaragaman 1,11-1,97 pada data trip pertama bulan Mei 2021 dan nilai keanekaragaman 1,09-1,80 data trip kedua bulan Juni 2021 yang menunjukkan indeks keanekaragaman (H’) <1 yaitu keanekaragaman rendah dan kestabilan komunitas rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Khusnul Khotimah, SP., M.Si. 2. Elv Dwi Harmilia, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: KEANEKARAGAMAN, KELIMPAHAN DAN DOMINANSI JENIS IKAN DI RAWA LEBAK
Subjects: Budidaya Perairan > perikanan
Divisions: Fakultas Pertanian > Akuakultur (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 07 Oct 2021 01:48
Last Modified: 07 Oct 2021 01:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18650

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.