FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN MINUM OBAT ARV PADA ODHA

SITI PERMATA PUTRI, NIM. 702017029 (2021) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN MINUM OBAT ARV PADA ODHA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017029_BAB I_DAFTAR PUSTAKA....pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017029_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR....pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Siti Permata Putri Program Studi : Pendidikan Dokter Judul : Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Minum Obat ARV Pada ODHA Human immunodeficiency virus (HIV) menyerang sistem kekebalan dan melemahkan respon imun terhadap banyak infeksi dan beberapa jenis kanker yang dapat dilawan oleh orang dengan sistem kekebalan yang sehat. Saat virus menghancurkan dan merusak fungsi sel kekebalan, individu yang terinfeksi secara bertahap menurunkan kekebalan tubuh. Jumlah CD4 dapat di indikasikan fungsi imunitas tubuh. Terapi antiretroviral adalah metode utama untuk mencegah perburukan sistem imun tubuh. Terapi infeksi sekunder/oportunistik/ malignansi diberikan sesuai gejala dan diagnosis penyerta yang ditemukan. Sebagai tambahan, profilaksis untuk infeksi oportunistik spesifik diindikasikan pada kasus-kasus tertentu. Kepatuhan pasien untuk minum obat ARV adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum memulai pengobatan. Kepatuhan atau adherence dimaknai sejauh mana seseorang minum obat seperti yang ditentukan oleh dokter dan sesuai dengan rekomendasi medis, termasuk waktu, dosis dan konsistensi dan minum obat dengan benar dalam hal dosis yang tepat, waktu yang tepat dan mengikuti anjuran. Informasi, motivasi dan keterampilan berperilaku atau Information-Motivation-Behavioral Skill (LW-IMB-AAQ) digunakan untuk menilai hambatan dalam kepatuhan terapi ARV. Sosiodemografi dapat menjadi faktor dalam meminum obat ARV, hal ini sesuai dengan hasil analisis univarit yang telah dilakukan dimana hasil menunjukan rentang usia ODHA yang meminum obat ARV dari 39 responden ODHA yaitu pada usia 20-40 Tahun (89,7%) dan sebanyak 37 reponden adalah laki-laki (94,9%) serta sebanyak 37 responden sudah bekerja (94,9%). Pada 39 responden sebanyak 19 responden (48,7%) berpendidikan tinggi yakni D3-S1, dan sebagian lainnya SD sebanyak 1 responden (2,6%), SMP sebanyak 5 responden (12,8%), dan SMA sebanyak 14 responden (35,9%). Untuk status pernikahan pada 39 responden, sebanyak 31 responden (79,5%) belum menikah. Faktor informasi mempengaruhi kepatuhan minum obat ARV pada ODHA dengan p value =0,001< 0,05. Faktor motivasi mempengaruhi kepatuhan minum obat ARV pada ODHA dengan p value = p=0,001< 0,05. Faktor keterampilan berperilaku mempengaruhi kepatuhan minum obat pada ODHA dengan p value= 0,001< 0,05. Kata kunci : HIV, Terapi ARV, Kepatuhan, Information-Motivation-Behavioral

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. Asmarani Ma`mun, M.Kes 2. drg. Putri Erlyn, M.kes
Uncontrolled Keywords: HIV, Terapi ARV, Kepatuhan, Information-Motivation-Behavioral
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 29 Sep 2021 06:53
Last Modified: 29 Sep 2021 06:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18647

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.