GAMBARAN KARAKTERISTIK GANGGUAN PERKEMBANGAN BICARA DAN BAHASA PADA ANAK DI RS HERMINA PALEMBANG PERIODE 2020

Muhammad Fikri, NIM. 702015035 (2021) GAMBARAN KARAKTERISTIK GANGGUAN PERKEMBANGAN BICARA DAN BAHASA PADA ANAK DI RS HERMINA PALEMBANG PERIODE 2020. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
702015035_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702015035_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Muhammad Fikri Program Studi : Kedokteran Judul : Gambaran Karakteristik Gangguan Perkembangan Bicara dan Bahasa pada Anak di RS Hermina periode 2020 Masa kanak-kanak awal, atau yang sering disebut sebagai anak usia dini, merupakan tahap dimana anak tumbuh dari segi fisik maupun psikis. Kemampuan atau potensi yang hendaknya berkembang pada anak usia dini terdiri dari berbagai aspek, misalnya aspek motorik halus, motorik kasar, kognitif, sosial, dan bahasa. Perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek yang penting pada awal pertumbuhan anak, karena aspek ini berkaitan dengan kemampuan lainnya seperti kognitif dan sosioemosional. Banyaknya permasalahan mengenai keterlambatan bicara pada anak usia dini disertai dengan berbagai dampak yang kemungkinan akan dialami menjadi poin penting untuk lebih diperhatikan. Ketika anak mengalami keterlambatan bicara, maka hal ini dapat mempengaruhi aspekaspek lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran karakteristik gangguan perkembangan bicara dan bahasa pada anak di RS Hermina Palembang periode 2020. Penelitian ini Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan metode survei. Data pada penelitian ini diambil dari kuesioner penelitian dan Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) untuk pengumpulan data primer serta data dari Bagian Rehabilitasi Medik RS Hermina Palembang untuk pengumpulan data sekunder. Responden yang terlibat sejumlah 30 anak yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang sampelnya diambil dengan total sampling. Pada penelitian ini didapatkan gangguan perkembangan bahasa pada anak di Rumah Sakit Hermina Palembang periode 2020 adalah terbanyak kelompok usia kurang dari 5 tahun sebanyak 19 orang (63,3%), jenis kelamin laki-laki terbanyak yaitu 12 orang (40%), riwayat BBLR sebanyak 4 orang (13,3%). Pendidikan orang tua sebanyak 9 orang (20%) adalah SMA. Hasil skrining KPSP 29 responden (96,7%) memiliki interpretasi Sesuai (S). Faktor yang mempengaruhi keterlambatan bicara akibat waktu bermain gawai lebih dari 2 jam per hari terjadi pada 18 orang (60%) dan faktor lingkungan sebanyak 6 orang (20%). Kata kunci: Keterlambatan Bicara, anak usia dini, KPSP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. Sheilla Yonaka Lindri, M.Kes 2. dr. Otchi Putri Wijaya
Uncontrolled Keywords: Keterlambatan Bicara, anak usia dini, KPSP
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Anatomi Manusia
Pendidikan Kedokteran > Fisiologi Manusia
Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 29 Sep 2021 23:53
Last Modified: 29 Sep 2021 23:53
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18646

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.