Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mental Anak Usia 6-16 Tahun di RW 03 Kecamatan Sematang Borang Palembang

Ikhsan Rizki Pranadiya, 702017057 (2021) Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mental Anak Usia 6-16 Tahun di RW 03 Kecamatan Sematang Borang Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017057_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017057_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)

Abstract

Kesehatan Mental adalah terhindarnya orang dari gejala-gejala gangguan jiwa dan dari gejala-gejala penyakit jiwa.Di Indonesia, berdasarkan Data Riskesdas tahun 2007, diketahui bahwa prevalensi gangguan mental emosional adalah sebesar 11,6% dari populasi orang dewasa yaitu sebanyak 1.740.000 orang saat ini mengalami gangguan mental emosional.Sedangkan pada anak-anak, sekitar 1 juta anak-anak mengalami gangguan mental emosi. Penggunaan gadget dikalangan anak usia dini menyita banyak perhatian dari berbagai kalangan, Gadget yang digunakan secara berlebihan dan tidak terkontrol dapat berakibat buruk dalam hal psikologi dan anak tidak dapat dengan lancar bersosialisasi dengan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan gadget terhadap kesehatan mental anak. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional. Penentuan sampel dihitung menggunakan proporsi binomunal dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Adapun responden pada penelitian ini adalah anak-anak usia 6-16 tahun. data didapatkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan uji chi square. Hasil penelitian ini dari 96 responden, didapatkan intensitas penggunaan per hari yang terbanyak adalah intensitas penggunaan gadget lebih dari 1 jam sehari dengan 87 anak (90.6%). Berdasarkan uji statistik Chi-square dengan batasan kemaknaan α=0,05, diperoleh p-value 0,000. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara intensitas penggunaan gadget dengan kesehatan mental anak di RW 03 Sematang Borang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. dr. Sheilla Yonaka Lindri M, Kes 2. dr. Diani Wulan Dona
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Mental,Gadget,Anak
Subjects: Pendidikan Kedokteran > kedokteran Psikosomatik
Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:41
Last Modified: 28 Sep 2021 06:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18620

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.