PERAN LEMBAGA PENUNJANG DALAM SISTEM AGRIBISNIS PADI SAWAH LEBAK DI KELURAHAN TALANG UBI UTARA KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR

Muhammad Riga Meikautama, 412014112 (2021) PERAN LEMBAGA PENUNJANG DALAM SISTEM AGRIBISNIS PADI SAWAH LEBAK DI KELURAHAN TALANG UBI UTARA KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412014112_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
412014112_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MUHAMMAD RIGA MEIKAUTAMA. Peran Lembaga Penunjang dalam Sistem Agribisnis Padi Sawah Lebak di Kelurahan Talang Ubi Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. (dibimbing oleh HARNIATUN ISWARINI dan RAHMAT KURNIAWAN). Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui lembaga penunjang dalam sistem agribisnis padi sawah lebak di Kelurahan Talang Ubi Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dan mengetahui peran lembaga penunjang dalam sistem agribisnis padi sawah lebak di Kelurahan Talang Ubi Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Talang Ubi Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir pada bulan Juni 2021 sampai Agustus 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode penarikan contoh yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode pengolahan data dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui tahapan pemeriksaan (editing), pengkodean (koding), dan Tabulasi (tabulating). Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) lembaga penunjang dalam sistem agribisnis padi sawah lebak meliputi 9 lembaga penunjang yaitu dinas pertanian, PT. PUSRI, CV. Bambang mas tulungagung, toko cahaya gemilang, PT. Santani, balai penyuluhan pertanian (BPP), kelompok tani, pengilingan padi, dan Agen beras (pengepul). (2) Peran lembaga penunjang dalam sistem agribisnis padi sawah lebak yaitu dinas pertanian sebagai penyaluran pupuk subsidi, PT. PUSRI sebagai produsen pupuk urea, CV. Bambang mas tulungagung sebagai agen benih padi sartani 14, toko cahaya gemilang sebagai penyedia perlengkapan petani, PT. Santani sebagai produsen insektisida sandimas 400 SL, balai penyuluhan pertanian (BPP) sebagai memberikan penyuluhan kepada petani, kelompok tani sebagai sarana kela belajar, kerjasama, dan sebagai unit produksi padi. Penggilingan padi sebagai mengolah gabah menjadi beras, dan agen beras (pengepul) sebagai seseorang yang membeli gabah dari petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Harniatun Iswarini, SP., M.Si 2. Rahmat Kuniawan, SP., M.Si
Uncontrolled Keywords: Dalam Sistem Agribisnis Padi Sawah Lebak “Kelurahan Talang Ubi Utara” Peran Lembaga Penunjang
Subjects: Agribisnis > pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 07 Oct 2021 02:02
Last Modified: 07 Oct 2021 02:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18600

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.