Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap Generasi Milenialdengan Kepatuhan Penggunaan Masker, Jaga Jarak, dan Cuci Tangan Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Covid 19 pada Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Kota Palembang.

ERWIN DWITAMA, NIM. 702017048 (2021) Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap Generasi Milenialdengan Kepatuhan Penggunaan Masker, Jaga Jarak, dan Cuci Tangan Sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Covid 19 pada Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Kota Palembang. Skripsi thesis, Universita Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017048_BAB I _DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (919kB) | Preview
[img] Text
702017048_BAB II SAMPAI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Covid 19 adalah virus yang ditemukan pertama kali di China pada akhir tahun 2019, penyebaran yang begitu cepat dari virus ini menimbulkan masalah baru di dunia hingga saat ini.Tindakan pencegahan untuk masyarakat yaitu meliputi jaga jarak, cuci tangan dengan air dan sabun, selain itu WHO mendorong masyarakat umum untuk mengenakan masker medis atau kain, pemerintah telah melakukan promosi kesehatan melalui berbagai cara baik dari media sosial maupun secara tertulis. Generasi milenial merupakan generasi yang mendapatkan banyak informasi dari sosial media dikarenakan generasi milenial lebih produktif menggunakan media sosial daripada generasi lainnya.Pengetahuan merupakan hal yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang atau keberhasilan tindakan pencegahan ini berhubungan dengan kepatuhan masyarakat.Metode penelitian ini menggunakan analitik obsevasional.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap masyarakat terhadap protokol covid 19 di rumah ibadah. Responden yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 147 orang yang didapatkan menggunakan rumus clusterrandom sampling. Populasi dari penelitian ini yaitu generasi milenial yang berusia 25-40 tahunyang melakukan ibadah di rumah ibadah kota Palembang yang memenuhi kriteria inklusi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan dalam penggunaan masker dan jaga jarak didapatkan p-value > 0,05 yang artinya tidak terdapat hubungan yang bermakna. Sedangkan hubungan pengetahuan dan cuci tangan dan sikap generasi milenial terhadap penggunaan masker, jaga jarak, dan cuci tangan didapatkan p-value < 0,05 terdapat hubungan yang bermakna antara variabel. Sehinnga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap generasi milenial dengan kepatuhan penggunaan masker, jaga jarak, dan cuci tangan sebagai upaya pencegahan penyakit covid 19 pada kegiatan keagamaan di rumah ibadah kota Palembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Indri Ramayanti, S.Si, M.Sc 2. dr. Wieke Anggraini
Uncontrolled Keywords: Covid 19, Generasi milenial, Pencegahan, Pengetahuan, Sikap
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Pendidikan Kedokteran > Penyakit-Penyakit
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 27 Sep 2021 03:02
Last Modified: 27 Sep 2021 03:02
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18581

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.