PENGOLAHAN LIMBAH CAIR INDUSTRI JUMPUTAN PALEMBANG MENGGUNAKAN MEMBRAN POLYVINYLIDENE FLUORIDE DAN POLYSULFONE

Naura Zurria, NIM. 122019040P (2021) PENGOLAHAN LIMBAH CAIR INDUSTRI JUMPUTAN PALEMBANG MENGGUNAKAN MEMBRAN POLYVINYLIDENE FLUORIDE DAN POLYSULFONE. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122019040P_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
122019040P_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Industri jumputan Palembang menghasilkan limbah cair dari salah satu proses produksinya yaitu pencucian. Limbah cair yang dihasilkan memiliki nilai COD, BOD, TSS, Turbidity, dan Fe yang melebihi ambang batas maksimum yang telah diatur oleh Peraturan Men.LHK RI No 68 Tahun 2016 tentang baku mutu air limbah domestik tersendiri. Oleh karena itu pengolahan limbah cair Industri Jumputan Palembang menggunakan membran Polyvinylidene Fluoride dan Polysulfone ini menjadi salah satu cara untuk mengurangi parameter nilai tersebut. Pada penelitian ini akan menganalisa penggunaan dua jenis membran dan pengaruh waktu filtrasi pada saat proses pengolahan limbah. Berdasarkan penelitian, semakin lama waktu fitrasi maka nilai fluks akan semakin berkurang. Penggunaan membran PVDF akan lebih baik daripada membran PSf dikarenakan sifatnya lebih stabil dan lebih hidrofobik. %Rejeksi nilai COD, BOD, TSS, Turbidity, dan Fe saat menggunakan membran PVDF bekisar 87,25-99,59%. Sedangkan, %rejeksi nilai COD, BOD, TSS, Turbidity, dan Fe saat menggunakan membran PSf bekisar 87,40-99,59 %. Berdasarkan dari hasil perhitungan dan analisa maka dapat dikatakan penggunaan membran PVDF maupun PSf dapat digunakan untuk menurunkan nilai COD, BOD, TSS, Turbidity, maupun Fe dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Ir.Erna Yuliwati,M.T.,Ph.D. 2. Ir.Robiah,M.T.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Membran, Polyvinylidene Fluoride, Polysulfone
Subjects: Kimia > Teknologi Kimia
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:03
Last Modified: 28 Sep 2021 06:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18574

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.