NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN ROHIS DI MTS NURUL IMAN BANYUASIN III

Marsudi, 622017018 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN ROHIS DI MTS NURUL IMAN BANYUASIN III. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017018_ BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
622017018_ BAB II_ SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN ROHIS DI MTS NURUL IMAN BANYUASIN III. MARSUDI NIM: 622017018 Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan rohani Islam atau yang lebih dikenal dengan istilah Rohis, merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa. Kegiatan rohis ini merupakan realisasi dari proses belajar mengajar yang menuntut adanya keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di luar jam pelajaran sekolah, mereka diharapkan dapat meraih prestasi belajar setinggi-tingginya serta membantu untuk mengembangkan wawasan siswa dalam bidang Agama Islam. Berdasarkan hal ini, maka skripsi ini membahas tentang “Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Rohis di MTS Nurul Iman Banyuasin III” untuk mengetahui bagaimana konsep dan implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan rohis di MTS Nurul Iman Banyuasin III. Penelitian ini digunakan metodologi dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian dekriptif kualitatif, yakni peneliatian yang berusaha menggambarkan, menginterprestasikan dan mendeskripsikan atau menjelaskan objek, peristiwa maupun kejadian yang sedang berlangsung pada saat penelitian sesuai apa adanya. Kehadiran peneliti bertindak sebagai observer sedangkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian menganalisis data dengan meredukasi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat dua program kegiatan yaitu program yang dibuat oleh pembina yang dilaksanakan pada kegiatan rutin mingguan dan program yang dibuat oleh pengurus rohis untuk dilaksanakan pada kegiatan-kegiatan keseharian di sekolah. Pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan rohis ini bisa dikatakan berjalan dengan baik sesuai dengan program kegiatan yang dibuat oleh pembina rohis. beberapa faktor yang menghambat dalam kegiatan ini adalah masalah yang muncul antara anggota rohis itu sendiri, tetapi hal tersebut bisa diselesaikan oleh pembina rohis dengan penuh sabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Rulitawati, M.Pd.I. 2. Dr. Ahmad Jumhan, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Nilai-nilai pendidikan, karakter, rohis
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 04 Oct 2021 04:09
Last Modified: 04 Oct 2021 04:09
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18564

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.