ANALISIS KERJA INVERTER MENGGUNAKAN SOLAR CELL 50 WP PADA PENYEMPROTAN JAMUR OTOMATIS

lufi yefana, NIM. 132017042 (2021) ANALISIS KERJA INVERTER MENGGUNAKAN SOLAR CELL 50 WP PADA PENYEMPROTAN JAMUR OTOMATIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
132017042_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf..pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text
132017042_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)

Abstract

ABSTRAK Energi surya merupakan sumber energi yang tidak terbatas dan tidak akan pernah habis ketersediaannya dan energi ini juga dapat di manfaatkan sebagai energi alternatif yang akan di ubah menjadi energi listrik, dengan menggunakan solar cell yang dapat mengkonversikan cahaya matahari menjadi energi listrik. Untuk menghasilkan sumber energi AC yang diperoleh dari panel surya, diperlukankan sebuah alat yang dinamakan inverter, dimana fungsi inverter tersebut mengubah sumber arus DC dari keluaran akumulator menjadi sumber AC Inverter yang digunakan ialah 1000 watt. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa sistem kerja inverter pada sistem penyemprotan jamur tiram secara otomatis dengan sumber energi solar cell. Metode penelitian ini menggunakan diagram flowchart yang memiliki tahapan sebagai berikut : 1). Perancangan alat pada penyemprotan jamur otomatis 2). Proses pemasangan komponen seperti : solar cell, solar power charge, akumulator, inverter, sonoff, dan sensor suhu. 3) Pengujian dan Pengukuran arus dan tegangan inverter. 4) Menghitung dan menganalisa hasil pengukuran. Dari penelitian ini dilakukan di Laboratorium Fisika, Universitas Muhammadiyah Palembang dengan hasil pengukuran inverter menggunakan beban konstan 145 watt dan beban variasi 215 watt. Untuk nilai efisiensi beban konstan sebesar 69,21% sampai 74,54% sedangkan nilai efisiensi beban variasi sebesar 33,39% sampai 97,55% Kata Kunci : Solar Cell, Inverter dan Akumulator

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Sofiah, S.T.,M.T 2. Erliza Yuniarti, S.T.,M.Eng
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Solar Cell, Inverter dan Akumulator
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:44
Last Modified: 24 Sep 2021 03:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18544

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.